Sunday, May 3, 2020

Adakah manfaat kentang untuk penderita kista?


Adakah manfaat kentang untuk penderita kista? Mungkin beberapa dari Anda masih belum mengetahui seperti apa itu penyakit kista. Kista adalah benjolan atau kantung tertutup berisi cairan, udara, maupun jaringan semipadat yang dapat terbentuk di bagian tubuh manapun, di antaranya adalah kulit, wajah, lengan, kulit kepala, lutut, belakang lutut, hingga di organ dalam tubuh seperti ovarium (indung telur), rahim, hati, otak, dan ginjal. 

Perlu Anda ketahui, bahwa kista umumnya bersifat jinak alias non-kanker, sehingga tidak berbahaya. Meski begitu, ada beberapa jenis kista yang mungkin memiliki potensi untuk menjadi sel kanker.

Perlu Anda ketahui, bahwa ada beberapa jenis kista yang dapat terbentuk di dalam tubuh. Namun tidak seperti penyakit lainnya, kista justru seringkali tidak diketahui penyebabnya dan juga jarang menimbulkan gejala, sehingga pengidap kista jarang menyadari bahwa Ia menderita kista. Salah satu jenis kista yang banyak dialami oleh wanita adalah kista ovarium. Apa itu kista ovarium?

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa kista ovarium adalah jenis kista yang paling sering dialami oleh wanita. Kista ovarium sendiri merupakan benjolan berisi cairan yang terbentuk di ovarium atau yang juga dikenal sebagai indung telur. Jenis kista ini sebenarnya tergolong umum terjadi pada wanita. Pada kebanyakan kasus, kista ovarium juga tidak berbahaya alias bersifat jinak dan dapat menghilang dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan khusus. Kemunculan kista ovarium juga cenderung tidak menimbulkan gejala yang dapat mengganggu kenyamanan penderitanya.

Meski merupakan penyakit jinak, akan tetapi kista ovarium juga dapat tumbuh dengan ukuran yang sangat besar dan bahkan juga bisa pecah. Hal ini tentunya dapat menimbulkan gejala yang terbilang serius. Gejala yang dapat timbul di antaranya adalah demam, pusing, pingsan, bernapas lebih cepat, dan nyeri di bagian panggul atau perut yang cukup parah. Oleh sebab itu, penting bagi Anda para wanita untuk mengetahui bagaimana cara mencegah kista agar tidak tumbuh membesar. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan sehat.

Namun, sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kentang dapat menyembuhkan kista. Akan tetapi, kentang memang merupakan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. 

Sementara itu, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat mencegah kista ovarium membesar. Di antaranya adalah :

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu makanan sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk penderita kista. Selain kaya akan kandungan asam lemak omega 3, ikan salmon juga memiliki indeks glikemik rendah sehingga sangat baik dikonsumsi penderita kista ovarium, terutama pada Ibu hamil. Selain itu, kandungan gizi yang ada pada ikan salmon juga dapat membantu meningkatkan produksi hormon androgen pada wanita, sehingga dapat mengurangi dan membantu penyembuhan, serta pencegahan kista, termasuk kista ovarium.

Brokoli Hijau

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk bagi penderita kista. Hal ini disebabkan karena, brokoli memiliki sifat anti-kanker yang mana juga baik dikonsumsi oleh penderita kista.

Bayam

Selain brokoli, bayam juga merupakan jenis sayuran hijau yang tak kalah bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bayam termasuk sayuran yang rendah kalori dan baik untuk menginduksi ovulasi, serta menghindari kemandulan (infertilitas) yang disebabkan oleh kista atau kegemukan.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan jenis rempah yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan agar terasa lebih nikmat. Namun, selain itu bawang putih juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita kista. Pasalnya, bawang putih memiliki kandungan zat yang dapat membantu proses penyembuhan kista.


Disqus Comments