Thursday, April 16, 2020

Makanan dan Minuman Pemicu Terjadinya Tumor


Minuman Penyebab Tumor. Seperti apa penyakit tumor itu? Tumor sendiri merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan munculnya benjolan akibat sel yang memperbanyak dirinya secara berlebihan dan tak terkendali. Terbentuknya tumor juga dapat terjadi ketika sel lama yang seharusnya mati justru masih tetap bertahan hidup, sementara pembentukan sel baru masih terus terjadi.

Perlu Anda ketahui, bahwa tumor dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun, seperti kulit, mulut, tulang, rahang, dan sebagainya. Selain itu, tumor dibagi menjadi dua tipe, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Dikatakan tumor jinak ketika tumor yang tumbuh tidak menyerang sel normal di sekitarnya dan tidak menyebar ke jaringan sekitar maupun bagian tubuh lainnya. Sementara itu, tumor ganas dapat menyerang jaringan di sekitarnya dan menyebar kebagian tubuh lainnya atau yang disebut dengan metastasis.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa tumor terbentuk akibat adanya ketidakseimbangan antara jumlah sel baru yang tumbuh dengan jumlah sel lama. Dalam hal ini, sel lama yang sudah mati, masih aktif dan terus bertahan hidup dan juga akibat sel baru terbentuk secara berlebihan.

Ketidakseimbangan pertumbuhan antara sel baru dan sel mati yang masih hidup tersebut juga berbeda-beda, tergantung dengan jenis tumor yang dialami. Akan tetapi, penyebab jelasnya masih belum dapat dipastikan.

Meski begitu ada beberapa asupan makanan dan minuman yang dipercaya dapat memicu pertumbuhan tumor. Di antaranya adalah :

  • Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula

Sebenarnya, gula bukan jenis makanan yang menyebabkan terjadinya tumor secara langsung. Namun, terlalu sering mengonsumsi gula yang berasal dari aneka kue, es krim, cokelat, softdrik, dan lain sebagainya, dapat memicu meningkatknya risiko seseorang mengalami tumor melalui kenaikan berat badan yang drastis (obesitas).

Selain itu, makanan atau minuman manis yang mengandung kadar gula tinggi dapat memengaruhi kerja insulin tubuh, sehingga dapat menyebabkan resistensi insulin. Hal ini tentunga membuat tubuh tidak dapat merespon insulin. Dengan begitu, semakin banyak glukosa yang mengalir di pembuluh darah.

Kondisi tersebut dapat meningkatkan produksi hormon estrogen dan androgen yang tidak terkendali, sehingga dapat meningkatkan risiko tumor atau kanker payudara.

  • Minuman Bersoda

Minuman bersoda juga tak luput dari kadar gula yang tinggi di dalamnya. Selain itu, di dalam minuman bersoda terdapat kandungan bahan kimia danjuga pewarna yang dapat mengasamkan tubuh, sehingga dapat memicu terjadinya tumor atau kanker.

  • Popcorn


Popcorn yang di microwave atau popcorn instan juga dapat mengandung zat kimia dalam pengembangnya, yang mana dapat menyebabkan terjadinya tumor atau kanker.

  • Gorengan atau Makanan yang Dipanggang


Kebiasaan mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng atau di panggang juga dapat memicu tumor atau memperburuk keadaannya. Pasalnya, makanan tersebut memiliki kandungan senyawa yang berbahaya, seperti lemak dan kolesterol jenuh.

Disqus Comments