Monday, April 20, 2020

Begini Cara Mencegah Terjadinya Tumor


Mencegah Tumor. Seperti apa penyakit tumor itu? Tumor sendiri adalah masalah kesehatan yang ditandai dengan munculnya benjolan yang dapat menetap dan tumbuh membesar di bagian tubuh manapun. Berdasarkan tingkat keparahannya, tumor dibagi menjadi dua jenis, yaitu tumor jinak dan tumor ganas.

Dalam dunia medis, tumor dijelaskan sebagai suatu kondisi di mana sel tumbuh secara terus-menerus, tidak terkendali, dan juga tidak memiliki fungsi apa pun di dalam tubuh. Tumor disebut sebagai tumor jinak apabila tidak menyebar atau menyerang jaringan disekitarnya maupun pada bagian tubuh lainnya. Sementara itu, dikatakan tumor ganas ketika tumor yang tumbuh menyerang jaringan disekitarnya maupun di bagian tubuh lainnya.

Hal lain yang membedakan antara tumor jinak dan tumor ganas adalah, ketika dilakukan operasi pengangkatan, tumor jinak cenderung tidak akan tumbuh kembali. Sementara tumor ganas berpotensi untuk tumbuh kembali meskipun telah diangkat.

Penyebab utama dari terbentuknya tumor adalah akibat adanya ketidakseimbangan antara jumlah sel baru dengan jumlah sel lama yang sudah mati dan tidak berfungsi. Kondisi ini terjadi ketika sel baru terbentuk secara berlebihan atau sel lama yang seharusnya mati justru masih hidup. Sedangkan, penyebab ketidakseimbangan sel tersebut masih belum diketahui dengan jelas.

Bagaimana cara mengobati tumor?

Pengobatan tumor ditentukan berdasarkan jenis tumor (jinak atau ganas), letak, dan ukurannya. Tumor jinak yang masih berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala cenderung tidak memerlukan penanganan khusus. Hanya saja, biasanya dokter akan menganjurkan pasien untuk melakukan pemeriksaan berkala guna memantau perkembangan tumor.

Namun jika tumor bersifat jinak, akan tetapi ukurannya besar sehingga menekan saraf, pembuluh darah, atau organ disekitarnya, maka biasanya dokter akan menganjurkan tindakan pengangkatan tumor. Metode yang digunakan pun beragam, mulai dari penggunaan sinar laser hingga tindakan operasi dengan sayatan pisau bedah.

Selain operasi pengangkatan tumor, ada juga beberapa terapi untuk tumor, khususnya untuk tumor ganas atau kanker. Di antaranya adalah kemoterapi, radioterapi, terapi hormon, dan imunoterapi.

Bagaimana cara mencegah tumor?

Pencegahan tumor umumnya lebih dilakukan untuk mencegah munculnya tumor ganas atau kanker, sebab kanker merupakan penyakit berbahaya, mematikan, serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit unuk mengobatinya. Kunci utama untuk terhindar dari penyakit kanker sebenarnya sederhana, yaitu adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti :
  • Tidak merokok dan menghindari asap rokok.
  • Tidak mengonsumsi alkohol.
  • Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.
  • Olahraga teratur.
  • Istirahat yang cukup.
  • Mampu mengelola stres.

Selain menerapkan pola hidup sehat seperi yang telah disebutkan di atas, beberapa jenis kanker juga dapat dicegah dengan melakukan imunisasi, vaksin hepatitis B, dan vaksin virus HPV (Human Papilloma Virus) untuk mencegah kanker serviks. Sau lagi, jangan lupa untuk memeriksa kesehatan ke dokter secara ruin minimal 6 bulan sekali.

Disqus Comments