Sunday, April 26, 2020

Manfaat Brokoli untuk Mengobati Kista Ovarium


Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengobati kista secara alami. Lantas, apa saja manfaat brokoli untuk kista? Simak ulasan di bawah ini.
Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat brokoli manis  untuk kista, ada baiknya jika Anda mengenal seperti apa itu kista.
Kista adalah salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan munculnya benjolan berbentuk kapsul atau sebuah kantung yang berisi cairan, gas, ataupun jaringan lain yang dapat muncul pada jaringan tubuh manapun, termasuk organ di dalam tubuh.
Gejala kista yang paling utama adalah munculnya benjolan di salah satu bagian tubuh dan posisinya tergantung pada jenis kista yang dialami. Kista umumnya tumbuh di bagian wajah, leher, kulit kepala, punggung, telapak tangan, hingga telapak kaki. Selain itu, kista juga dapat tumbuh dengan ukuran yang bervariasi mulai dari kecil hingga sangat besar.
Selain ditandai dengan munculnya benjolan, kista juga dapat menimbulkan gejala lain. Di antaranya adalah keluar darah atau nanah yang beraroma kurang sedap dari benjolan, kemerahan di area kulit yang ditumbuhi kista, infeksi yang memicu rasa nyeri, demam, pusing, hingga mual dan muntah.
Perlu Anda ketahui bahwa kista dapat terjadi pada siapa saja. Sementara itu, penyebab tumbuhnya kista sendiri tergantung pada jenis kista yang dialami. Namun, umumnya kista dapat terbentuk akibat terjadinya infeksi, radang yang terjadi dalam jangka panjangpenyumbatanhingga faktor genetik atau penyakit keturunan.
Salah satu jenis kista yang kerap menghantui wanita adalah kista ovarium, yakni kista yang tumbuh di indung telur (ovarium). Meski kista ovarium bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya, namun Anda perlu melakukan perawatan guna mencegah kista tumbuh membesar dan menimbulkan masalah yang lebih serius.
Perli Anda ketahui bahwa, meski benjolan yang tumbuh akibat kista ovarium merupakan tumor jinak dan tidak berbahaya, namun apabila ukurannya semakin besar maka pada akhirnya dapat menimbulkan gejala-gejala yang dapat mengganggu kenyamanan pengidapnya. Gangguan tersebut di antaranya adalah pendarahan yang tidak normal, kista pecah, kista membesar dan menghalangi suplai darah ke ovarium, terlilitnya batang ovarium, gangguan kehamilan, kemandulan, hingga kanker.
Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab ada banyak cara yang dapat Anda lakuka untuk mencegah perkembangan kista ovarium, mulai dari perawatan medis hingga alami. Salah satunya yang alami adalah dengan memanfaatkan salah satu jenis sayuran, yaitu brokoli.

Manfaat Brokoli untuk Kista Ovarium

Brokoli memang dikenal sebagai makanan yang memiliki khasiat luar biasauntuk kesehatan, sehingga tak heran jika sayuran yang satu ini dijuluki sebagai "super food". Salah satu manfaat dari brokoli adalah dapat membantu mengobati kista ovarium dan mencegah pertumbuhannya. Hal ini disebabkan karena, brokoli memiliki kandungan sulforaphane atau belerang organik natural yang dapat memicu produksi enzim di dalam perut, sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap zat-zat radikal yang dapat merusak DNA dan menyebabkan terjadinya peradangan, seperti yang terjadi pada kista ovarium. Dengan begitu, brokoli dapat membantu meredakan gejala-gejala yang muncul akibat kista ovarium.
Selain kista ovarium, kandungan sulforaphane di dalam brokoli ternyata juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya kanker. Hal ini disebabkan karena, sulforaphane sendiri dapat mendorong fungsi dan pembangian sel normal, sehingga dapat meningkatkan kematian sel terpola (apoptosis) dari sel kanker.
Itulah manfaat brokoli unuk kista ovarium yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda semua.
Disqus Comments