Tuesday, April 7, 2020

Jenis Kista Berdasarkan Letaknya


Letak Kista pada Wanita. Ada berbaga jenis kista yang dapat terbentuk di dalam tubuh. Apa itu kista? Kista sendiri merupakan sebuah kantong atau benjolan jinak yang di dalamnya terdapat cairan, udara, atau jaringan lainnya. Kista dapat tumbuh di bagian tubuh manapun, di antaranya adalah kulit, tulang, kulit kepala, bagian belakang lutut, hingga selangkangan. Kista juga dapat tumbuh di bagian organ dalam, seperti hati, indung telur (ovarium), ginjal, rahim, dan juga otak.

Meski begitu, kebanyakan kista tidak berbahaya (jinak) dan tidak bersifat ganas (non-kanker). Namun, ada beberapa jenis kista yang berpotensi menjadi sel kanker.

Ada banyak jenis kista yang dibagi berdasarkan letak, bentuk, dan isi yang terdapat di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa jenis kista yang perlu Anda ketahui :

  • Kista Ovarium


Kista ovarium merupakan kondisi di mana benjolan kista yang berisi cairan tumbuh di sekitar ovarium atau indung telur. Kondisi ini merupakan kondisi yang bisa dibilang umum dialami oleh wanita. Meski begitu, kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya tanpa adanya perawatan khusus. Selain itu,munculnya kista ovarium cenderung tidak menimbulkan gejala apapun yang membuat pengidap menyadarinya. Namun, apabila kista tumbuh semakin besar dan pecah, maka dapat menimbulkan gejala yang serius, seperti pendarahan abnormal dan nyeri panggul atau perut yang cukup parah.

  • Kista Dermoid


Kista dermoid merupakan jenis kista yang di dalamnya berisi macam-macam struktur jaringan, seperti kelenjar keringat, folikel rambut, gigi, dan jaringan saraf. Kista dermoid dapat tumbuh di permukaan kulit atau organ lain yang ada di dalam tubuh.

  • Kista Payudara


Kista payudara adalah benjolan kista berisi cairan yang tumbuh pada jaringan payudara. Kista payudara umumnya bersifat jinak dan tidak berpotensi menjadi sel kanker. Dalam beberapa kasus, kista payudara bahkan tidak memelukan penanganan serius, kecuali jika ukuran kista semakin besar dan menimbulkan gejala yang mengganggu.

  • Kista Epidermoid


Kista epidermoid merupakan jenis kista yang tumbuh di bawah kulit. Jenis kista ini dapat muncul pada bagian kulit manapun, seperti kepala, leher, wajah, punggung, hingga alat vital.

  • Kista Ganglion


Kista ganglion merupakan benjolan jinak yang tumbuh di sepanjang persendian. Umumnya, kista ganglion tumbuh di pergejalngantangan atau di ruas jari tangan.

  • Kista Baker


Kista baker merupakan katong tertutup atau benjolan jinak yang di dalamnya berisi cairan, di mana benjolan ini tumbuh di bagian belakang lutut.

  • Kista Bartholin


Kista bartholin merupakan benjola jinak yang tumbuh di salah satu maupun kedua kelenjar di sisi vagina.

  • Kista Ginjal


Kista ginjal merupakan benjolan jinak yang tumbuh diorgan dalam, yakni ginjal. Namun, umumnya jenis kista ini tidak berpotensi menjadi kanker.

https://lingshenyao.id/obat-kista-bartholin/
Disqus Comments