Tuesday, April 14, 2020

Ini Dia Jenis Miom yang Berbahaya


Jenis Miom yang Berbahaya. Adanya masalah kesehatan pada organ kewanitaan tentunya menyebabkan kekhawatiran yang besar bagi setiap wanita, terutama bagi mereka yang awam atau minim pengetahuannya seputar organ reproduksi wanita. Banyak wanita yang masih belum mengetahui apa itu penyakit miom dan seberapa bahayanya miom bagi kesehatan wanita.

Miom atau mioma uteri merupakan jenis tumor jinak yang dapat tumbuh di sekitar rahim. Miom juga dikenal dengan istilah fibroid rahim. Pada dasarnya, kodisi ini terjadi akibat adanya pertumbuhan abnormal di jaringan otot rahim. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, sebabseperti yang tadi telah disampaikan, bahwa miom termasuk kedalam jenis tumor jinak yang berarti tidak bersifat ganas (non-kanker), sehingga tidak ada hubungannya dengan kanker rahim.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa pertumbuhan miom pada rahim juga beragam, mulai dari perlahan, cepat, atau justru berhenti pada tahap tertentu. Bahkan, dalam beberapa kasus, mioma uteri yang tumbuuh di dalam rahim dapat menyusut dan menghilang dengan sendirinya. Pasalnya, miom juga bisa terjadi ketika wanita tengah berada di dalam masa kehamilan. Namun, biasanya miom pada masa kehamilan akan menghilang seiring berjalannya proses persalinan atau melahirkan dan disertai dengan ukurannya yang berangsur kembali normal.

Jenis Mioma Uteri

Mioma uteri sendiri dibedakan menjadi 4 jenis berdasarkan letaknya. Di antaranya adalah :
  • Mioma Subseroasa, yaitu jenis miom yang tumbuh di bagian luar dinding rahim, hingga ke rongga panggul. Mioma subserosa juga dapat tumbuh dan menyebar ke bagian luar rahim.
  • Mioma Submukosa, yaitu jenis miom yang tumbuh pada lapisan otot di bagian dalam dari dinding rahim. Jika mioma submukosa tumbuh dengan ukuran yang besar, maka dapat memengaruhi siklus menstruasi, menyebabkan terjadinya pendarahan, hingga komplikasi lain yang lebih serius, seperti kemandulan dan keguguran.
  • Mioma Intramular, yaitu jenis miom yang tumbuh di antara jaringan otot rahim. Mioma intramular merupakan jenis miom yang palih umum terjadi. Jenis miom ini juga berpotensi untuk memperbesar ukuran rahim.
  • Mioma Pedunculated, yaitu jenis miom yang tumbuh pada batang kecil yang terdapat di bagian dalam atau luar rahim.

Apakah Mioma Uteri Berbahaya?


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa miom terbentuk atas susunan jaringan otot yang sama seperti otot rahim lainnya. Itulah sebabnya, miom termasuk ke dalam jenis tumor jinak yang tidak berpotensi menjadi kanker. Hal yang membedakannya adalah pertumbuhan yang tidak normal serta teksturnya yang lebih padat dibandingkan dengan otot rahim biasa.

Selain itu, miom juga tumbuh dengan ukuran yang beragam. Apabila ukuran miom yang Anda miliki tergolong kecil, maka tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, jika ukuran miom besar dan menimbulkan gejala yang mengganggu, maka Anda harus segera menemui dokter untuk menjalani pemeriksaan.

Disqus Comments