Sunday, April 5, 2020

Ciri-Ciri Perut Kembung Karena Kista


Ciri Perut Kembung Karena Kista. Pada dasarnya, hampir seluruh wanita akan merasa takut ketika didiagnosisi menderita kista ovarium. Pasalnya, munculnya kista di dalam tubuh, termasuk rahim dapat berkembang menjadi kanker, yang mana merupakan penyakit yang paling ditakuti dan mematikan. Banyak juga orang awam yang mengait-ngaikan kista ovarium dengan kanker rahim atau kanker serviks.

Lantas, seperti apa penyakit kista ovarium itu? Kista ovarium sendiri merupakan suatu keadaan di mana ovarium atau indung telur ditumbuhi dengan sebuah kantong tertutup atau benjolan yang di dalamnya berisi cairan. Benjolan yang tumbuh akibat kista merupakan jenis tumor jinak. Benjolan ini juga dapat tumbuh satu atau lebih di indung telur. Selain itu, kista ovarium juga dapat tumbuh dengan ukuran yang beragam.

Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab kista ovarium sebenarnya bukanlah penyakit ganas dan mematikan seperti penyakit kanker. Hal yang membuat kista pada akhirnya berkembang menjadi ganas adalah ketika kista tersebut pecah dan ukurannya sangat besar, ataupun ketika kista menghalangi suplai darah ke ovarium. Kista yang ukurannya cukup besar juga dapat membuat perut Anda terlihat bengkak atau kembung.

Oleh sebab itu, meski kista tidak berbahaya Anda tetap harus memantau kondisi perkembangan kista yang muncul di ovarium. Sebab apabila ukuran kista membesar, maka akan menimbulkan gejala-gejala yang membuat penderitanya merasa terganggu tidak nyaman.

Ciri-Ciri Kista Ovarium Membesar

Meski dalam kebanyakan kasus kista ovarium tidak menimbulkan gejala apapun yang membuat penderitanya terganggu, namun Anda akan merasakan gejalanya ketika ukuran kista membesar, pecah, atau bahkan menutupi aliran darah ke ovarium. Gejala yang dapat dirasakan antara lain adalah :

- Buang air kecil menjadi lebih sering.
- Nyeri saat buang air besar.
- Kepala pusing.
- Badan mudah lelah.
- Perut tampak membengkak atau kembung.
- Adanya perubahan siklus pada menstruasi.
- Gangguan terhadap sistem pencernaan.
- Nyeri saat melakukan hubungan intim.
- Nyeri di bagian panggul.

Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Penanganan yang Tepat untuk Kista Ovarium

Penanganan kista sendiri biasanya dilakukan berdasarkan usia pasien, seberapa parah gejala, dan seberapa besar ukuran kista. Salah satu penanganan kista ovarium adalah dengan melakukan melakukan pemantauan rutin. Namun, jika ukuran kista sangat besar dan menimbulkan gejala, maka dapat dilakukan metode pengobatan operasi pengangkatan kista.

Meski sulit untuk mencegah tumbuhnya kista di indung telur, namun pemeriksaan panggul secara rutin dapat membantu deteksi masalah pada ovarium sejak dini, sehingga penanganannya pun semakin mudah. Selain itu, pemeriksaan juga perlu dilakukan ketika Anda mengalami perubahan siklus menstruasi.

Disqus Comments