Wednesday, April 8, 2020

4 Macam Buah-Buahan Pencegah Mioma Uteri


Buah Pencegah Miom. Miom atau mioma uteri juga dikenal dengan fibroid rahim, yaitu merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada wanita,tepatnya di area rahim, yaitu suatu kondisi di mana dinding rahim (uterus) ditumbuhi dengan benjolan atau tumor jinak. Meski miom bukan tumor ganas dan tidak berpotensi menjadi kanker, tetapi tumor jinak pada miom dapat tumbuh besar hingga menyebabkan nyeri dan pendarahan abnormal baik pada saat menstruasi maupun diluar masa menstruasi. Selain itu, miom juga berpotensi menyebabkan terjadinya gangguan kehamilan dan kemandulan.

Penyebab Mioma Uteri

Sayangnya, penyebab mioma uteri hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti. Namun, miom diduga dapat dipengaruhi oleh perubahan genetik dan faktor hormonal.

Sementara itu, faktor risiko miom antaranya adalah, faktor keturunan atau riwayat keluarga, menstruasi yang terlalu dini, gaya hidup yang tidak sehat, dan ras. Selain itu, miom juga dapat dipengaruhi oleh berat badan berlebih (obesitas), penggunaan KB hormonal, kurang asupan vitamin D, mengonsumsi daging merah berlebihan, kebiasaan mengonsumsi alkohol, dan kurangnya mengonsumsi serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Gejala Mioma Uteri

Umumnya miom justru tidak menimbulkan gejala yang spesifik pada pengidapnya. Namun jika kondisinya sudah parah, maka kondisi ini dapat menimublkan gejala berupa pendarahan menstruasi yang banyak dan berlangsung lebih dari seminggu, nyeri pada perut bagian bawah, nyeri panggul, hingga frekuensi buang air kecil lebih meningkat (beser).

Buah-Buahan Pencegah Mioma Uteri

Untuk mencegah atau membantu mengatasi mioma uteri, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan. Berikut ini adalah beberapa buah-buahan untuk mencegah dan mengobati miom :

  • Buah Bit


Buah bit merupakan salah satu jenis buah yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi mioma uteri secara alami. Mengonsumsi buah bit juga dipercaya dapat membantu mengecilkan ukuran miom, sehingga menyusut dan menghilang secara perlahan.
  • Buah Naga

Selain buah bit, buah naga juga bermanfaat untuk dikonsumsi oleh penderita miom. Pasalnya, buah naga mengandung zat lycopene sangat tinggi. Oleh sebab itu, Anda jangan terlalu sering mengkonsumsi jus buah naga ini, karena dikhawatirkan akan menyebabkan diabetes atau obesitas yang tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.
  • Tomat

Selain buah bit, omat mengandung zat lycopene yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lycopen juga berperan sebagai zat anti tumor dan menjaga imunitas tubuh. Maka dari itu, tomat dapat mengatasi miom dan dapat mencegah perkembangan miom di dalam rahim secara alami.
  • Pepaya

Buah pepaya dikenal sebagai buah yang ampuh dalam mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan beta karoten yang baik untuk kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat menangkal berbagai macam penyakit. Salah satu manfaat dari buah pepaya yang luar biasa adalah dapat mencegah atau meredakan dampak buruk dari penyakit miom serta dapat mengecilkan benjolan miom secara efektif.

Disqus Comments