Sunday, April 12, 2020

Tahap Penyebaran Sel Kanker di Dalam Tubuh


Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar penyakit "kanker"? Tentunya semua itu adalah hal-hal yang buruk dan menakutkan. Lantas, bagaimana kanker bisa terjadi? Kanker sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Pertumbuhan sel abnormal ini dapat menyebabkan sel normal yang berada di sekitarnya maupun di bagian tubuh lain mengalami kerusakan. Lantas, tahukah Anda berapa lama sel kanker menyebar di dalam tubuh?

Berbeda dengan sel normal pada umumnya, sel kanker justru tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali. Untuk mengikuti perkembangan sel kanker sendiri sebenarnya dapat dilihat berdasarkan tahapan atau yang dikenal dengan stadium. Tingkat Stadium pada penyakit kanker merupakan gambaran untuk mengukur pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh, serta tempat asal tumbuhnya sel kanker tersebut.

Pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui stadium pada penderita kanker sangat penting guna membantu dokter dalam menilai kondisi kanker dan mengetahui sejauh mana sel-sel kanker tersebut berkembang di dalam tubuh. Setelah stadium diketahui, maka dokter akan membantu Anda dalam menggambarkan perjalanan dari penyakit kanker secara umum.

Stadium pada Kanker

Beberapa jenis kanker pada awalnya cenderung tidak menimbulkan gejala, sehingga baru terdeteksi dan ditangani ketika memasuki stadium lanjut. Berikut ini tahapan atau tingkat stadium kanker yang perlu Anda ketahui :

  • Stadium 0

Pada tahap ini, sel kanker baru tumbuh dan berada di tempat pertama kali Ia tumbuh , sehingga belum menyebar ke jaringan-jaringan tubuh lain di sekitarnya. Kanker stadium 0 umumnya dapat diatasi melalui operasi pengangkatan sel kanker.

  • Stadium I

Pada tahap ini, jaringan masih berupa kanker yang berukuran kecil, sehingga dikategorikan sebagai kanker stadium awal. Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan gejala yang spesifik, sehingga banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami kanker. Sel kanker juga belum menyebar ke bagian tubuh lain.

  • Stadium II

Pada tahap ini, sel kanker sudah berkembang dan tumbuuh lebih besar dibandingkan pada stadium I. Namun, sel kanker masih bertahan di tempat awal muncul dan belum menyebar ke bagian tubuh lain.

  • Stadium III

Pada tahap ini, sel-sel kanker tumbuh lebih dalam ke jaringan tubuh. Bahkan, ada yang sudah mulai menyebar ke kelenjar getah bening dan area sekitarnya. Meski begitu, sel kanker belum menyebar ke bagian tubuh lainnya.

  • Stadium IV

Pada tahap ini, sel kanker sudah menyebar ke jaringan organ tubuh lainnya. Penyebaran sel kanker juga dikenal dengan istilah metastasis sel kanker. Jika sel kanker sudah menyebar, maka akan semakin sulit untuk mengendalikannya.

https://lingshenyao.id/makanan-pencegah-kanker/

Disqus Comments