Monday, March 30, 2020

Inilah Penyebab Wanita Sering Keputihan


Sering Keputihan Kenapa. Keputihan adalah suatu hal yang lumrah terjadi di kalangan wanita. Rasanya setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan. Ketika Anda mengalami keputihan, maka hal ini menandakan bahwa Anda tengah berada pada masa subur. Selain itu, keputihan juga merupakan suatu reaksi alami dari tubuh sebagai cara alami dalam menjaga kebersihan dan kelembapan organ intim Anda.

Lantas, Apa sebenarnya keputihan itu? Keputihan pada dasarnya adalah cairan lendir yang dihasilkan oleh kelenjar pada dinding vagina dan dinding leher rahim akan keluar membawa sel-sel yang sudah mati dan juga bakteri-bakteri jahat yang dapat merugikan kesehatan tubuh. Hal ini merupakan reaksi alami yang dilakukan tubuh agar vagina tetap sehat dan terlindungi dari infeksi jamur dan bakteri.

Selain itu, keputihan juga rentang terjadi pada Ibu hamil selama masa kehamilannya. Hal ini disebabkan karena, salah satu penyebab keputihan adalah adanya perubahan hormonal, yang juga selalu terjadi pada Ibu hamil. Perubahan kondisi leher rahim atau serviks juga berpengaruh terhadap munculnya keputihan pada Ibu hamil. Keputihan pada Ibu hamil akan semakin terlihat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Meski keputihan pada dasarnya merupakan hal yang normal, namun masih banyak wanita  yang merasa khawatir akan adanya keputihan yang terkadang menimbulkan rasa gatal, menimbulkan aroma tidak sedap pada vagina, dan sering terjadi. 

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan sering terjadinya keputihan :

  • Infeksi Bakteri atau Jamur

Infeksi bakteri merupakan penyebab paling umum yang membuat keputihan lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini dapat ditandai dengan keluarnya cairan keputihan yang cenderung berbau amis, dan berwarna putih atau bahkan keabuan.

Selain infeksi bakteri, keputihan juga bisa desebabkan karena infeksi jamur. Hal ini disebabkan oleh adanya pertumbuhan jamur pada lapisan dalam vagina Anda, sehingga cairan keputihan yang keluar dari vagina semakin banyak. Kondisi ini juga dapat disertai dengan aroma vagina yang tidak sedap. Untuk mengatasi kondisi ini, sebaiknya Anda membersihkan organ intim Anda secara rutin dengan cara yang benar.

  • Infeksi Menular Seksual

Keputihan berlebihan juga dapat disebabkan oleh infeksi penular seksual, seperti gonore atau klamida. Infeksi ini terjadi akibat melakukan hubungan intim tanpa alat pengaman atau kondom dengan pasangan yang terinfeksi. Gejala yang muncul berupa keputihan berlebih yang disertai bau amis yang cukup menyengat, serta rasa gatal dan sensasi terbakar di area vagina.

  • Ovulasi

Selain akibat dari infeksi, keputihan berlebih bisa jadi merupakan tanda-tanda atau gejala ovulasi. Ovulasi sendiri adalah proses terjadinya pelepasan ovum (sel telur) dari indung telur (indung telur). Hal ini menandakan bahwa wanita sedang berada dalam fase paling subur saat itu. Hal ini biasanya terjadi setidaknya sekali dalam sebulan.

Disqus Comments