Sunday, March 29, 2020

Benarkah Semangka Bisa Menyebabkan Keputihan?


Semangka Bikin Keputihan. Apa sebenarnya keputihan itu? Keputihan sendiri adalah suatu istilah yang digunakan orang awam untuk menggambarkan keadaan di mana vagina mengeluarkan cairan atau lendir yang normalnya tidak berwarna bening atau cenderung putih. Sementara itu, cairan keputihan yang tidak normal (abnormal) keluar dari vagina dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya, berwarna kuning, coklat, abu-abu atau kehijauan, menimbulkan aroma yang tidak sedap, serta menimbulkan rasa gatal atau sensasi terbakar pada vagina.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat sejumlah kecil cairan dalam tubuh yang keluar dari lubang vagina. Cairan tersebut berasal dari cairan yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar yang terdapat di dinding vagina, dinding leher rahim, dan juga dinding rahim.

Pada dasarnya, keputihan merupakan hal yang normal terjadi pada tiap wanita. Hal ini disebabkan karena, keputihan menandakan bahwa vagina berfungsi dengan baik untuk membersihkan dirinya sendiri. Namun, ada kondisi di mana keputihan juga menandakan adanya masalah kesehatan pada vagina, yang ditandai dengan keputihan abnormal.

Penyebab utama terjadinya keputihan di antaranya adalah, infeksi jamur dan bakteri, penyakit menular seksual (seperti penyakit gonore dan trikomoniasis), dan perubahn hormonal, seperti saat seorang wanita sedang stres, dalam masa kehamilan, atau sedang menyusui.

Namun, ada pernyataan yang menyatakan bahwa semangka juga dapat menyebabkan terjadinya keputihan. Padahal, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa semangka menjadi salah satu penyebab terjadinya keputihan. Justru semangka memiliki kandungan air yang tinggi, yang mana sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Meski begitu ada beberapa buah-buahan yang dapat menyebabkan keputihan menjadi lebih banyak. Di antaranya adalah :

  • Ketimun

Anda mungkin sering mendengar pernyataan bahwa wanita tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi ketimun, sebab ketimun dapat memicu keluarnya cairan keputihan dalam julah yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini disebabkan karena, ketimun memang memiliki kandungan zat dan senyawa yang dapat meningkatkan produksi hormon esterogen pada wanita. Semakin banyak produksi hormon tersebut, maka semakin banyak pula lendir yang diproduksi oleh tubuh dan keluar dari vagina. Oleh sebab itu, sebaiknya jika Anda mengalami keputihan, batasilah konsumsi ketimun. 
  • Nanas
Selain ketimun, nanas merupakan jenis buah-buahan yang dapat memicu keputihan berlebih. Selain itu, buah nanas juga termasuk dalam makanan pantangan yang harus dihindari oleh wanita yang sedang hamil.

Disqus Comments