Thursday, March 26, 2020

Benarkah Pepaya dapat Menyebabkan Keputihan?


Pepaya Menyebabkan Keputihan. Keputihan merupakan masalah kewanitaan yang tentunya sulit dijauhkan dari kehidupan sehari-hari. Sebab, pada dasarnya keputihan merupakan masalah kewanitaan yang tergolong wajar dan normal terjadi dalam kondisi apapun. Meski begitu, jika keputihan yang Anda alami menyebabkan vagina terasa gatal, mengeluarkan aroma tidak sedap, serta membuat Anda merasa tidak nyaman, maka kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Hal ini disebabkan karena, keputihan tersebut termasuk kedalam keputihan tidak normal yang menandakan adanya masalah pada vagina, seperti infeksi jamur atau bakteri.

Pada dasarnya, keputihan normal memiliki ciri-ciri di antaranya adalah tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak menimbulkan rasa gatal. Namun, ketika keputihan berada dalam batas yang tidak normal, seperti bewarna kekuningan atau kehijauan, berbau tidak sedap, dan menyebabkan gatal, maka hal ini biasanya disebabkan oleh adanya bakteri, jamur, atau parasit lainnya yang berkembang pada vagina.

Namun pernahkan Anda mendengar bahwa pepaya dapat menyebabkan keputihan? Lantas, benarkah pepaya merupakan salah satu penyebab keputihan?

Pengaruh Pepaya Terhadap Keputihan

Sebenarnya tidak ada kaitan antara konsumsi pepaya terhadap terjadinya keputihan pada wanita. Meski keputihan pada dasarnya merupakan hal normal bagi wanita, namun ada kalanya bhawa keputihan yang keluar merupakan keputihan abnormal.

Keputihan normal umumnya terjadi ketika seorang wanita menjelang menstruasi atau saat terangsang secara seksual.

Sementara itu, pepaya sama sekali bukan penyebab terjadinya keputihan. Penyebab terjadinya keputihan antara lain adalah :

  • Infeksi Jamur.
  • Infeksi bakteri.
  • Bakteri vaginosis.
  • Infeksi parasit trikomonas.
  • infeksi menular seksual, seperti Gonorre.
  • infeksi virus, seperti herpes.
  • Penyakit janas, seperti kanker.
Jika Anda merasa bahwa keputihan yang Anda alami tidak normal, sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter. Apabila diperlukan, kemungkinan Anda akan diminta untuk menjalanu pemeriksaan caoran keputihan. Pengobatan ini tergantung dengan penyebab atu dugaan penyebab keputihan.

Makanan Penyebab Keputihan

Selain itu, penting juga bagi Anda sebagai wanita untuk mengetahui apa saja makanan yang dapat memicu terjadinya keputihan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat memicu teradinya keputihan berlebih. Di antaranya :
  • Nanas
Nanas dapat memicu produksi lendir berlebih di area kewanitaan yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan.
  • Timun
Mentimun dapat meningkatkan produksi hormon estrogen di dalam tubuh, sehingga juga dapat memicu terjadinya keputihan secara berlebih.
  • Telur
Telur memang merupakan makanan yang kaya akan proten dan baik untuk kesehatan tubuh. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya keputihan.

Disqus Comments