Tuesday, March 17, 2020

Manfaat Konsumsi Alpukat Bagi Ibu Hamil


Olahan Alpukat untuk Ibu Hamil. Ibu hamil memang memerlukan asupan gizi dan nutrisi lebih banyak dibandingkan dengan asupan nutrisnya di hari-hari biasa. Salah satu asupan makanan yang penting dan tidak boleh dilewatkan Ibu hamil adalah buah-buahan. Pasalnya, buah-buahan memiliki kandungan asam lemak sehat, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang sangat baik dan dibutuhkan oleh Ibu hamil.

Ada banyak pilihan buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi Ibu hamil, salah satu yang banyak manfaatnya adalah buah alpukat. Mengapa alpukat? Hal ini disebabkan karena, buah yang memiliki citarasa manis ini memiliki sejumlah manfaat yang sangat baik untuk Ibu hamil.

Buah berwarna hijau ini tentunya memiliki sejumlah manfaat yang sudah tidak asing lagi dalam daftar menu makanan sehat bagi Ibu hamil. Baik dokter maupun orang awam sekalipun seringkali menyarankan buah alpukat sebagai sumber makanan penambah asam folat yang sangat baik dikonsumsi wanita, terutama Ibu hamil. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi jus, maupun dijadikan hidangan lainnya seperti kue alpukat dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa manfaat buah alpukat bagi Ibu hamil, yang sayang untuk dilewatkan :

  • Membantu Penyerapan Nutrisi

Alpukat memiliki banyak nutrisi yang dapat membantu tubuh menyerap nutrisi-nutrisi lainnya yang ada di dalam tubuh. Buah ini juga memiliki kandungan antioksidan dan karotenoid yang baik untuk kesehatan Ibu hamil secara keseluruhan.

  • Mengurangi Morning Sickness

Nutrisi yang terdapat pada buah alpukat juga dapat meredakan dan mengurangi morning sickness, seperti mual, muntah, dan kram yang kerap terjadi pada Ibu hamil.

  • Membantu Perkembangan Otak Janin

Buah alpukat memiliki kandungan klorin yang merupakan elemen penting dalam perkembangan sistem saraf yang kuat dan jaringan saraf yang tepat di seluruh tubuh. Kandungan klorin pada alpukat dapat membantu perkembangan otak yang tepat pada janin. Sementara itu, dalam satu porsi buah alpukat, terdapat sekitar 22 mg kandungan klorin, di mana jumlah ini cukup untuk membantu proses perkembangan otak.

  • Meingkatkan Penyerapan Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk Ibu hamil, agar terhindar dari anemia. Nah, buah alpukat merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh Ibu hamil.

  • Menjaga Kolesterol dan Gula

Pola makan yang tidak seimbang pada Ibu hamil dapat menyebabkan kadar kolesterol dan gula darah pada Ibu hamil meningkat pesat. Mengonsumsi alpukat dapat menjadi penawar untuk masalah tersebut. Pasalnya alpukat berfungsi untuk menjaga kadar gula dan kolesterol di dalam tubuh agar tetap stabil, sehingga dapat mencegah terjadinya diabetes saat hamil.

Disqus Comments