Wednesday, March 25, 2020

Minuman Penyebab Keputihan pada Ibu Hamil


Minuman Penyebab Keputihan. Pada dasarnya, keputihan merupakan cairan berupa lendir yang berasal dari vagina. Sebenarnya, lendir keputihan sendiri memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan vagina, salah satunya adalah untuk menjaga fungsi reproduksi pada waita. Tak hanya itu, cairan keputihan juga berfungsi dalam menjaga vagina agar tetap bersih dan terhindar dari risiko infeksi maupun iritasi.

Keputihan normal pada dasarya tidak berwarna alias bening atau agak putih, tidak berbau, dan tidak menyebabkan rasa gatal pada vagina. Sementara itu, keputihan abnormal memiliki warna yang agak kekuningan, kehijauan atau kecoklatan, menimbulkan bau tidak sedap, dan menyebabkan rasa gatal. Keputihan abnormal bisa jadi merupakan gejala adanya infeksi jamur atau bakteri pada vagina.

Perlu Anda ketahui, bahwa keputihan juga bisa terjadi pada Ibu hamil dan ini merupakan hal yang wajar terjadi. Hal ini dikarenakan, wanita hamil mengalami perubahan secara hormonal. Perubahan kondisi leher rahim (serviks) juga berpengaruh terhadap munculnya keputihan saat hamil. Keputihan saat hamil biasanya akan semakin terlihat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Keputihan saat hamil memang kerap mengganggu kenyamanan Ibu hamil. Bahkan, ada beberapa jenis minuman yang dapat menyebabkan keputihan berlebih sasat hamil. Di antaranya adalah :

  • Soft Drink


Jika Anda adalah wanita suka mengonsumsi minuman soft drink, sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi minuman tersebut mulai dari sekarang, terutama jika Anda sedang berada dalam masa kehamilan. Hal ini disebabkan karena, pewarna dan pemanis makanan yang ada di dalam minuman tersebut ternyta mampu membuat virus dan bakteri di dalam vagina berkembang semakin pesat. Hal ini tentunya dapat memicu terjadinya keputihan secara berlebih.

  • Jus Nanas


Nanas merupakan jenis buah-buahan yang dapat memicu keputihan berlebih. Selain itu, buah nanas juga termasuk dalam makanan pantangan yang harus dihindari Ibu hamil.

  • Jus Ketimun


Anda mungkin sering mendengar pernyataan bahwa wanita tidak boleh mengonsumsi ketimun secara berlebihan, sebab ketimun dapat menyebabkan keputihan. Faktanya, ketimun memang memiliki kandungan zat dan senyawa yang dapat meningkatkan produksi hormon esterogen pada wanita. Sehingga, semakin banyak produksi hormon tersebut, maka semakin banyak pula lendir yang keluar dari vagina. Oleh sebab itu, sebaiknya Ibu hamil membatasi konsumsi mentimun.

Minuman Manis
Selain dapat menyebabkan diabetes, minuman manis juga mengandung gula yang berpotensi menyebabkan keputihan pada wanita, khususnya Ibu hamil. Mengurangi konsumsi gula bagi Ibu hamil pada dasarnya merupakan hal yang penting, sebab selain menurunkan risiko keputihan juga menurunkan risiko terjadinya diabetes yang juga dapat terjadi pada Ibu hamil.



Disqus Comments