Thursday, March 5, 2020

Kista Periapikal - Penyebab, Gejala, dan Penanganan


Kista merupakan benjolan jinak berisi cairan yang dapat tumbuh di bagian tubuh manapun, termasuk di dalam rongga mulut. Salah satu penyebab munculnya kista rongga mulut adalah adanya masalah pada gigi. Kista dalam rongga mulut dapat berisi cairan, semi dairan atau gas yang dibatasi oleh jaringan epitel atau jaringan ikat. Jenis kista yang paling sering terjadi pada rongga mulut adalah kista periapikal.

Kista periapikal sendiri termasuk dalam jenis kista odontogenik, yaitu kista yang disebabkan oleh gigi, baik akibat adanya peradanganpada gigi maupun akibatmalformasi (kelainan pembentukan dan pertumbuhn) pada gigi selama perkembangannya.

Sementara itu, kista periapikan merupakan jenis kista yang terbentuk pada ujung akar gigi yang jaringan pulpa atau sarafnya sudah mati. Kondisi ini merupakan kelanjutan dari peradangan yang terjadi pada jaringan pulpa gigi (pulpitis). Kista periapikal umumnya bari terdiagnosa ketika melakukan rontgen gigi atau pemeriksaan histologis.

Penyebab Kista Periapikal

Pada dasarnya, kista periapikal merupakan perkembangan lebih lanjut dari infeksi gigi yang disebabkan oleh karies gigi atau gigi berlubang. Pasalnya, apabila gigi berlubang dibiarkan terus-menerus tanpa dilakukan perawatan, maka dapat menyebabkan terjadinya peradangan yang cukup parah pada jaringan pulpa gigi, yang kemudian menyebabkan kematian saraf pada gigi tersebut. Setelah gigi mati (nonvital) mati, maka lama kelamaan akan memicu terbentuknya kista periapikal pada ujung akar gigi tersebut.

Gejala Kista Periapikal

Dalam kebanyakan kasus, kista periapikal justru tidak menimbulkan gejala seperti munculnya rasa nyeri pada gigi, kecuali jika terjadi infeksi pada kista yang disebut dengan infeksi sekunder.

Penanganan Kista Periapikal

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk menangani kondisi kista periapikal, yaitu :

  • Perawatan endodontik

Perawatan endodontik juga dikenal dengan perawatan saraf gigi. Jika kista periapikal yang muncul belum terlalu besar, maka dapat diatasi dengan perawatan ini. Sebelum melakukan perawatan saraf gigi ini, pasien harus melakukan rontgen gigi secara periodik guna memastikan penyembuhan kista periapikal tersebut.

  • Pengangkatan kista

Operasi pengangkatan atau pengambilan kista merupakan cara yang paling apmpuh dan paling sering dilakukan dalam menangani kista periapikal. Hal ini disebabkan kaena, perawatan endodontik penyembuhannya belum tentu berhasil. Pengankatan kista juga bertujuan agar kista tidak tumbuh kembali. Pengambilan kista ini juga disertai dengan pengambilan gigi yang terlibat.

https://lingshenyao.id/obat-cina-kista/
Disqus Comments