Sunday, March 15, 2020

Benarkah Cuka Apel Bisa Menyembuhkan Kista?


Cuka Apel untuk Kista. Salah satu jenis kista yang kerap menghantui wanita adalah kista ovarium. Kondisi ini ditandai dengan munculnya benjolan atau kantung tertutup yang di dalamnya berisi cairan dan tumbuh pada indung telur (ovarium). 
Jika Anda mengira kista ovarium berhubungan dengan terjadinya kanker rahim atau kanker serviks, maka Anda salah besar. Sebab, kista ovarium merupakan jenis tumor jinak dan tidak bersifat kanker (non-kanker). 
Maka dari itu, penanganan kista jauh lebih mudah dan sederhana dibandingkan dengan pengobatan kanker. Bahkan, kista ovarium juga bisa tidak membutuhkan perawatan khusus dan akan menghilang dengan sendirinya.
Dalam kebanyakan kasus, kista ovarium tidak menimbulkan tanda-tanda atau gejala apa pun yang mengganggu penderitanya. Meski begitu, jika ukuran kista mulai membesar atau jumlahnya bertambah banyak, maka dapat menimbulkan gejala-gejala yang dapat mengganggu kenyamanan Anda. Gejala kista ovarium di antaranya adalah munculnya rasa nyeri di panggul, sering buang air kecil (beser), perut kembung (akibat kista membesar), hingga terjadinya pendarahan vagina yang tidak normal.
Untuk mengatasi atau mencegah perkembangan dan mengobati kista ovarium, berikut ini bahan-bahan herbal alami yang dapat kamu manfaatkan, yaitu :

  • Cuka Apel


Cuka Apel memiliki kandungan zat yang dapat membantu menghambat perkembangan kista, serta mengecilkan ukuran kista yang besar. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni Anda hanya perlu menambahkan satu sendok makan cuka apel ke dalam segelas air hangat dan mengonsumsinya secara rutin.

  • Teh Chamomile


Sudah dari zaman dahulu teh chamomile kerap dimanfaatkan untuk mengatur siklus menstruasi sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya kista ovarium. Tak hanya itu, teh chamomile juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda atau gejala kista ovarium.

  • Kunyit


Kunyit pun merupakan rempah alami yang memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk tubuh, termasuk dapat membantu mengatasi kista ovarium. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dapat membantu melarutkan tumor atau kista, termasuk kista ovarium. Bahkan, ada banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kunyit memiliki kandungan yang sangat efektif dalam mengobati kista ovarium. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mencegah risiko tumor jinak berubah menjadi kanker.

  • Jahe


Selain kunyit, rasanya sudah bukan rahasia lagi jika jahe merupakan tanaman herbal yang juga memiliki sejumlah manfaat luar biasa bagi tubuh. Salah satu manfaat jahe yang mungkin belum Anda ketahui adalah dapat menghambat pertumbuhan kista secara efektif. Pasalnya, jahe mampu menciptakan suasana di dalam tubuh yang membuat kista ovarium tidak mampu untuk tumbuh dan bertahan. Selain itu, jahe juga sering dimanfaatkan untuk membantu menormalkan siklus menstruasi.
Disqus Comments