Sunday, March 8, 2020

Penyebab Munculnya Benjolan di Pipi dalam Mulut


Cara Mengobati Benjolan di Pipi dalam Mulut. Pembengkakan pada pipi di dalam mulut merupakan  kondisi yang cukup mengganggu, sebab dapat membuat penampilan wajah pun ikut berubah. Pipi yang membengkak juga dapat muncul bersama dengan keluhan lainnya, seperti rasa nyeri atau tidak nyaman di pipi. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan terjadinya pembengkakan di pipi, mulai dari penyakit yang tidak berbahaya, hingga penyakit serius.

Pembengkakan yang terjadi pada tubuh pada dasarnya disebabkan akibat adanya peradangan atau penumpukan cairan. Kondisi ini juga dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk di pipi. Selain menyebabkan rasa sakit, benjolan di pipi juga dapat disertai dengan rasa ngilu, gatal, atau kesemutan.

Penyebab umum terjadinya pembengkakan di pipi adalah adanya gangguan pada kelenar air liur yang terjadi akibat adanya sumbatan, peradangan, infeksi, atau bahkan tumor.

Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan pembengkakan di bagian pipi :

  • Infeksi


Salah satu penyebab munculnya benjolan di pipi adalah infeksi di mulut yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Salah satu infeksi yang dapat menyebabkan pipi bengkak adalah gondongan.

Gondongan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, yakni paramyxovirus, yang menyerang kelenjar ludah di mulut. Karena posisinya yang berada di dalam pipi,maka pembengkakan kelenjar ini dapat menyebabkan pembengkakan pada salah satu maupun kedua pipi. Meski begitu, penyakit ini dapat mereda sendiri dalam beberapa hari.

Selain gondongan, infeksi pada kelenjar air ludah juga dapat menyebabkan pembengkakan pada pipi. Kondisi ini disebut dengan sialadenitis, yang mennyebabkan kelenjar air ludah meradang dan adanya penumpukan nanah di setiap kelenjar tersebut. Apabila tidak segera diatasi, sialadenitis dapat menyebabkan pipi membengkak disertai dengan demam, nyeri di pipi, hingga kesulitan membuka mulut.

  • Batu Air Liur


Batu air liur merupana keadan di mana air liur mengendap dan mengeras yang disebut sebagai sialolithiasis. Pengerasan air liur tersebut dapat menghalangi saluran air liur, sehingga dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit  yang hilang muncul di pipi. Penyebab ini juga dapat menyebabkan bagian pipi yang terkena terasa nyeri.

  • Masalah Gigi dan Gusi


Pembengkakan di pipi juga bisa jadi merupakan gejala dari abses gigi. Abses gigi sendiri merupakan kondisi di mana terjadi penumpukan nanah di sekitar gigi dan gusi akibat infeksi bakteri. Apabila tidak segera diatasi, maka dapat menyebabkan gigi tanggal dan infeksi yang menyebar ke organ tuubuh lainnya.

Selain masalah kesehata pada gigi, pebengkakan di pipi juga dapat disebabkan akibat gangguan kesehatan pada gusi, salah satunya perikoronitis. Kondisi ini terjadi ketika jaringan gusi, terutama di sekitar gigi bungsu. Kondisi ini juga disertai dengan keluarnya nanah, pembengkakan pada gusi dan pipi, yang disertai dengan rasa nyeri pada gusi dan mulut.

https://lingshenyao.id/harga-obat-tumor/
Disqus Comments