Monday, March 9, 2020

Penyebab dan Cara menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga


Cara menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga. Munculnya benjolan di belakang telinga dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya disebabkan akibat infeksi atau pembengkakan pada kelenjar getah bening. Sebagian penyebabnya memang tidak berbahaya, akan tetapi jika benjolan tersebut menimbulkan gejala-gejala yang mengganggu, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan.

Benjolan di belakang telinga bisa tumbuh dengan ukuran kecil maupun besar. Meski penyebabnya tidak selalu berbahaya, namun munculnya benjolan di belakang tellinga tetap harus diwaspadai dan segera diperiksakan ke dokter agar penyebabnya bisa diketahui secara pasti. Pasalnya, bisa jadi benjolan yang muncul merupakan tanda adanya masalah pada telinga, hidung, atau tenggorokan yang menyebabkan terjadinya pembengkakan di belakang telinga.

Umumnya pemeriksaan perlu dilakukan ketika benjolan di belakang telinga menimbulkan rasa nyeri, telinga berdenging, pendengaran terganggu, pusing, demam, vertigo, hingga kesulitan menelan sesuatu.

Penyebab Benjolan di Belakang Telinga

Berikut ini beberapa kondisi yang menyebabkan munculnya benjolan di belakang telinga :

  • Mastoiditis 


Mastoiditis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan infeksi pada tulang mastoid. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh penjalaran infeksi yang berasal dari bagian tengah telinga (otitis media).
Gejala yang timbul akibat kondisi ini bisa berupa bengkak pada belakang telinga disertai dengan rasa nyeri, kemerahan, hingga demam. Selain itu, kondisi ini juga dapat disertai dengan gejala infeksi telinga tengah yang biasanya telah berlangsung lama sebelumnya. Gejala yang muncul adalah keluarnya cairan dari telinga secara berulang-ulang.

  • Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan atau peradangan kelenjar getah bening merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab munculnya benjolan di belakang telinga. Bagian tubuh yang memiliki banyak kelenjar getah bening antara lain adalah leher, ketiak, panggul, pangkal paha, dan perut. Kelenjar ini erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan infeksi. Jika kelenjar getah bening meradang, maka dapat menyebabkan munculnya benjolan di area belakang telinga.
Pembengkakan kelenjar getah bening di belakang telinga biasanya disebabkan akibat infeksi luka hingga abses gigi. Meski begitu, kondisi ini bukanlah merupakan kondisi yang serius. Dalam beberapa kasus, kondisi tersebut memerlukan perawatan medis apabila tidak membaik dalam beberapa hari.

  • Limfadenopati 


Limfadenopati adalah suatu kondisi yang terjadi akibat adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa pada dasarnya kelenjar getah bening terdapat di beberapa bagian tubuh, termasuk bagian belakang telinga. Ketika kelenjar getah bening yang terdapat di belakang telinga membengkak, maka akan menyebabkan muncul benjolan.

  • Kanker


Salah satu penyebab munculnya benjolan di area belakang telinga yang berbahaya dan harus Anda waspadai adalah kanker. Pasalnya benjolan di belakang telinga bisa jadi merupakan tanda-tanda munculnya kanker nesofaring. Selain telinga, kanker nesofaring juga dapat memicu tumbuhnya benjolan di leher atau tenggorokan.

Cara Menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga

Melihat beberapa faktor penyebab mucnulnya benjolan di belakang telinga yang telah disampaikan di atas, maka pengobatan yang dilakukan pun akan tergantung dengan penyebabnya. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami kondisi ini sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter, khususnya dokter THT. Hal ini bertujuan agar peyebabnya diketahui dengan jelas, dan pengobatannya pun dilakukan dengan cara yang tepat.

Disqus Comments