Thursday, March 12, 2020

Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil dan Janin


Buah Semangka untuk Ibu Hamil Muda. Ibu hamil pada dasarnya memang memburtuhkan nutrisi lebih, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk janin yang berada di dalam kandungannya. Nutrisi yang ada pada buah-buahan menjadi salah satu yang paling penting untuk dipenuhi oleh setiap Ibu hamil. Ada banyak jenis buah-buahan yang dapat memberikan nutrisi lebih yang juga diperlukan untuk Ibu hamil. Salah satunya yang akan di bahas dalam artikel ini adalah buah semangka. Lantas, apa saja manfaat semangka untuk Ibu hamil?

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat buah semangka untuk Ibu hamil, ada baiknya jika Anda mengetahui kandungan apa saja yang dimiliki oleh buah semangka. Buah semangka memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat rendah, dan mengandung karbohidrat, sodium, serat, zat besi, dan kalsium. Tak hanya itu, semangka juga dilengkapi dengan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, riboflavin, niasin, likopen, kalium, seng, asam pantotenat, mangan, dan asam folat yang merupakan nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh Ibu hamil agar kandungan mereka sehat.

Berikut ini manfaat mengonsumsi semangka untuk Ibu hamil :

  • Mengurangi Morning Sickness

Ibu hamil memang kerap mengalami morning sickness, seperti mual dan muntah. Nah, buah semangka dapat membantu mengrurangi dan meredakan gejala morning sickness, apalagi jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Hal ini disebabkan karena semangka memberikan efek menyegarkan dan menyejukan, yang membuat hari-hari Ibu hamil menjadi lebih ringan.

Oleh sebab itu, biasakan diri Anda untuk mengawali hari dengan mengonsumsi segelas jus semangka segar maupun dengan mengonsumsi buah semangka secara langsung. Hal ini tentunya cukup ampuh untuk mencegah Anda dari morning sickness yang melelahkan.

  • Mengurangi Pembengkakan (Edema)


Edema pada Ibu hamil merupakan kondisi di mana tangan dan kaki membengkak, dan kondisi ini merupakan hal yang umum terjadi selama masa kehamilan. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mengonsumsi semangka.

Hal ini disebabkan karena, kandungan air tinggi yang dimiliki semangka, dapat mencegah terjadinya penyumbatan di permbuluh darah dan otot yang juga akan membuat pembengkakan berkurang.

  • Mendukung Perkembangan Janin


Selain bermanfaat untuk Ibu hamil, semangka juga bermanfaat untuk pertumbuhan janin. Pasalnya, buah semangka memiliki kandungan virtamin C, vitamin B6, vitamin E, dan mineral seperti kalium dan magnesium, yang bermanfaat dalam perkembangan sistem otak, saraf, dan mata janin yang berada di dalam kandungan.

Selain itu, kandungan kalium dan kalsium yang terdapat pada buah semangka juga dapat membantu pembentukan tulang janin Anda.

https://lingshenyao.id/pengobatan-kanker-rahim/
Disqus Comments