Sunday, March 22, 2020

5 Makanan Sehat untuk Mengurangi Keputihan


Buah Naga untuk Keputihan. Keputihan merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan keluarnya cairan yang berasal dari vagina. Hal ini merupakan kondisi yang bisa dibilang normal terjadi pada tiap wanita. Keputihan sendiri merupakan suatu pertanda bahwa vagina dapat berfungsi dengan baik dalam membersihkan dirinya sendiri secara otomatis.  Keputihan yang normal umumnya ditandai dengan warnanya yang bening atau putih, dan disertai bau yang tidak menyengat ataupun tidak berbau sama sekali. 


Pada dasarnya, keputihan merupakan suatu reaksi alami dari tubuh wanita. Keputihan yang nomal dapat melindungi vagina dari kondisi vagina kering, iritasi, infeksi vagina, infeksi saluran kemih, serta memberikan lubrikasi saat melakukan hubungan seksual.

Penyebab utama terjadinya keputihan adalah adanya infeksi jamur dan bakteri. Selain itu, ada kondisi lain yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan, seperti ovulasi, infeksi menular seksual, alergi, hingga penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) yang dimasukan langsung ke dalam rahim. 

Seringkali keputihan membuat wanita merasa terganggu dan tidak nyaman, karena cairan keputihan yang keluar cenderung banyak dan menimbulkan bau tidak sedap. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa jenis makanan sehat yang dapat membantu mengurangi keputihan.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi jumlah keputihan :

  • Buah Naga

Buah naga dikenal dengan khasiatnya yang dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai macam bakteri dan jamur di dalam tubuh. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa keputihan disebabkan akibat adanya infeksi jamur dan bakteri, sehingga buah naga sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang selalu mengalami keputihan berlebih. Anda dapat mengonsumsi buah naga merah maupun buah naga putih, sesuai dengan selera Anda.

  • Kunyit


Kunyit merupakan jenis rempah yang manfaatnya tidak diragukan lagi untuk kesehatan tubuh. Kunyit juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat keputihan alami, karena memiliki kandungan antibakteri yang tinggi.

  • Kembang Kol

Saat keputihan, sebaiknya Anda mengonsumsi sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral adalah kembang kol.

  • Yogurt


Yogurt memiliki kandungan bakteri L-acidophilus dan bakteri yang sangat bermanfaat untuk menjaga pH pada area kewanitaan. Bakteri tersebut juga dapat mengembalikan area vagina yang terinfeksi jamur atau bakteri penyebab keputihan menjadi pulih.

  • Pisang


Makanan yang mengandung gula sebaiknya dibatasi agar tidak terjadi keputihan yang berlebih. Untuk mengatasi masalah ini, pisang bisa dijadikan solisi. Pasalnya, buah yang satu ini mengandung zat glikemik dengan kadar tinggi, sehingga mampu menggantikan kebutuhan gula sehari-hari.

Disqus Comments