Monday, March 23, 2020

4 Makanan Ini Bisa Sebabkan Keputihan Berlebih


Bengkoang Penyebab Keputihan. Keputihan tentunya tidak bisa dijauhkan dari kehidupan wanita. Cairan normal yang keluar dari vaina ini merupakan kejadian yang normal pada setiap wanita. Keputihan sendiri adalah suatu hal yang menandakan bahwa vagina dapat berfungsi dengan baik dalam membersihkan dirinya sendiri secara otomatis.  

Pada dasarnya, keputihan adalah reaksi alami dari tubuh wanita. Keputihan yang nomal berfungsi untuk melindungi vagina dari kondisi vagina kering, infeksi vagina, iritasi, infeksi saluran kemih, serta memberikan lubrikasi saat hubungan seksual.

Meski begitu, keputihan bisa terjadi dalam dua kondisi, yakni normal dan tidak normal. Ciri-ciri keputihan normal adalah warnanya yang bening atau putih, tidak menyebabkan gatal, dan disertai bau yang tidak menyengat ataupun tidak berbau sama sekali. Sementara itu, keputihan tidak normal bewarna kuning, hijau atau kecoklatan, berbau tidak sedap, dan menyebabkan rasa gatal.

Penyebab utama keputihan adalah infeksi jamur dan bakteri. Selain itu, ada kondisi lain yang dapat menyebabkan keputihan, seperti ovulasi, infeksi menular seksual, alergi, atau penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) di mana alat ini dimasukan secara langsung ke dalam rahim. 

Keputihan memang bisa membuat wanita merasa terganggu dan tidak nyaman, karena cairan keputihan yang keluar cenderung banyak, menimbulkan bau tidak sedap, bahkan terasa gatal. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan keputihan berlebih?

Berikut ini adalah beberapa jenis makananyang dapat menyebabkan terjadinya keputihan berlebih :

  • Bengkoang


Jika Anda adalah seorang wanita yang gemar mengonsumsi bengkoang, sebaiknya Anda batasi konsumsi buah ini mulai dari sekarang. Pasalnya, mengonsumsi bengkoang dalam jumlah yang banyak dapat memicu produksi lendir lebih banyak pula. Hal ini disebabkan karena bengkoang memiliki kandungan air yang dapat membuat lendir di dalam tubuh meningkat.

  • Nanas


Selain bengkoang, nanas juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, khususnya untuk para wanita. Hal ini disebabkan karena, buah yang satu ini dapat menyebabkan keputihan dalam jumlah yang banyak.

  • Keju


Keju memiliki kandungan kalsium yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Namun, di lain sisi makanan olahan susu ini dapat menyebabkan cairan keputihan keluar lebih banyak dari biasanya. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi keju secara berlebihan.

  • Mentimun


Mentimun juga berisiko menyebabkan keputihan menjadi lebih banyak dibandingkan biasanya. Hal ini disebabkan karena mentimun memiliki kandungan zat dan senyawa yang dapat meningkatkan produksi hormon estrogen pada wanita. Meningkatnya hormon ini juga dapat meningkatkan produksi lendir yang keluar dari vagina, sehingga keputihan menjadi lebih banyak.

Disqus Comments