Monday, March 2, 2020

Benjolan di Pinggang Kiri Akibat Lipoma


Ada benjolan di pinggang belakang kiri, bisa jadi itu lipoma. Lantas, apa itu lipoma? Lipoma adalah benjolan yang dapat tumbuh di bawah kulit, yang mana benjolan tersebut terbentuk dari lemak dan tumbuh secara lambat di antara kulit dan lapisan otot. Jika benjolan limpoma ditekan secara perlahan, maka akan terasa lunak serta mudah untuk digerakkan. Umumnya, lipoma tidak akan menimbulkan rasa sakit saat ditekan.

Lipoma sendiri lebih banyak ditemukan pada orang dengan usia 40 sampai 60 tahun atau lansia, serta lebih banyak ditemukan pada pria dibandingkan dengan wanita. Dalam sebagian kasus, penderita lipoma dapat memiliki lebih dari satu benjolan di tubuhnya.

Lipoma sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus, sebab benjola ini tidak berbahaya dan bersifat jinak. Meski begitu, jika lipoma tumbuh dengan ukuran sangat besar dan menimbulkan rasa nyeri, maka sebaiknya Anda segera melakukan penanganan, seperti operasi pengangkatan lipoma.

Gejala Lipoma

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa lipoma dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun, akan tetapi umumnya benjolan akibat lipoma muncul di bagian leher, punggung, bahu, perut, atau lengan. Berikut ini ciri-ciri atau gejala benjolan yang muncul akibat lipoma : 
  • Benjolan tumbuh dengan sangat lambat.
  • Benjolan dapat tumbuh menjadi lebih besar, mulai dari sebesar kelereng hingga sebesar bola pingpong.
  • Teksturya lembek ketika disentuh, seperti lemak daging sapi.
  • Mudah untuk digerakkan.
Jika benjolan limpoma tumbuh semakin besar, maka cenderung dapat menimbulkan rasa sakit. Sebab benjolan terebut menekan saraf di sekitarnya.

Penyebab Lipoma

Sebenarnya, penyebab dari lipoma sendiri masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena lipoma, di antaranya adalah :

  • Faktor genetik (keturunan).
  • Faktor usia, yakni orang dengan usia 40 sampai 60 tahun.
  • Memiliki riwayat penyakit tertentu, di antaranya sindrom Cowde, sindrom Gardner, penyakit Madelung. atau adiposis dolorosa.

Pengobatan Lipoma

Sebenarnya, lipoma tidak membutuhkan penanganan khusus, sebab benjolan akibat lipoma bersifat jinak dan tidak berbahaya. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengangani kondisi ini ketika ukurannya semakin besar dan mulai menimbulkan rasa sakit yang mengganggu.

Cara yang paling sering dilakukan sekaligus paling ampuh untuk mengobati lipoma adalah dengan melakukan operasi pengangkatan benjolan lipoma. Pasalnya, benjolan akibat lipoma biasanya tidak akan tumbuh kembali setelah diangkat.

Selain operasi pengangkatan benjolan, ada metode lain yang dapat dilakukan untuk mengobati lipoma, yaitu sedot lemak atau suntik kortikosteroid yang bertujuan untuk menyusutkan ukuran lipoma. Namun, kedua cara tersebut tidak cukup ampuh dalam menghilangkan lipoma secara total.

Disqus Comments