Wednesday, March 4, 2020

6 Jenis Operasi Mioma Uteri


Miom merupakan suatu masalah kesehatan yang menyerang banyak wanita, tepatnya pada bagian reproduksi atau rahim.

Miom juga dikenal dengan fibroid rahim, yaitu merupakan kondisi di mana terbentuknya pertumbuhan sel abnormal di dalam atau di sekitar uterus (rahim). Miom pada dasarnya bukanlah penyakit yang bersifat ganas (non-kanker), sebab tumor yang tumbuh merupakan tumor jinak. 

Jenis Miom

Berdasarkan letaknya, miom dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu :
  • Mioma submukosa, yakni jenis miom yang berkembang pada lapisan rahim, sehingga dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan dapat mengakibatkan kemandulan hingga keguguran.
  • Mioma intramural, yakni jenis miom yang hanya tumbuh di dalam rahim dan memiliki potensi untuk memperbesar ukuran rahim.
  • Mioma subserosa, yakni jenis miom yang tumbuh di dalam rahim dan menyebar ke bagian luar serviks.
  • Mioma pedunculated, yakni jenis miom yang terhubung ke bagian luar atau dalam rahim melalui sebuah tangkai kecil.

Banyak wanita yang tidak menyadari bahwa Ia memiliki miom di rahimnya, sebab miom sama sekali tidak menimbulkan gejala yang mengganggu. Sehingga, pada akhirnya miom baru terdeteksi ketika pengidapnya melakukan pemeriksaan, seperti USG. Namun, gejala miom sendiri muncul akibat dipengaruhi oleh letak, ukuran dan seberapa banyak miom yang tumbuh pada rahim. Selain itu, miom juga dapat tumbuh lebih dari satu buah.

Penyebab Miom

Penyebab miom sendiri sebenarnya masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko munculnya miom. Salah satu penyebabnya adalah adanya peningkatan hormon estrogen, seperti dalam siklus haid atau masa kehamilan.

Sedangkan, faktor yang dapat mengurangi risiko terjadinya miom pada wanita adalah riwayat melahirkan. Hal ini disebabkan karena, wanita yang pernah melakukan persalinan cenderung memiliki risiko lebih rendah untuk menderita miom.

Jenis Operasi Miom 

Sebenarnya, miom tidak perlu dioperasi apabila ukurannya kecil dan tidak menimbulkan gejala apapun yang mengganggu. Ada beberapa jenis operasi miom yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah :
  • Ablasi endometrium, yakni operasi yang dilakukan apabila miom berukuran kecil tetapi menimbulkan gejala yang serius. Prosedur ini tidak dilakukan melalui perut, tmelainkan vagina.
  • Embolisasi arteri uterus, prosedir inidilakukan jika miom menimbulkan gejala berupa pendarahan disertai nyeri yang hebat.
  • Miolisis, prosedur ini juga dapat dilakukan pada miom yang berukuran kecil. Dalam prosedur ini, dokter akan memotong suplai darah ke miom, sehingga miom menyusut dan mati.
  • Miomektomi, yakni operasi pengangkatan untuk menghilangkan mioma uteri dan meninggalkan jaringan rahim yang sehat.
  • Histerektomi, yakni operasi yang dilakukan dengan mengangkat sebagian atau seluruh rahim. Prosedur ini dilakukan pada miom yang ukurannya sangat besar dan menyebabkan pendarahan hebat.
  • Bedah ultrasound dengan pemindaian MRI, yakni prosedur yang dilakukan dengan menemukan mioma uteri kemudian mengecilkannya.
Disqus Comments