Thursday, February 27, 2020

Makanan Pantangan untuk Penderita Miom


Penderita Miom Apakah Tidak Boleh Makan Pedas? Setiap wanita perlu menjaga kesehatan rahim. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, khususnya untuk rahim. Sebab, ada beberapa makanan diduga dapat memicu terjadinya masalah kesehatan pada rahim, seperti miom. Lantas, makanan apa saja yang dapat memicu terjadinya miom? Simak ulasan berikut.

Mioma uteri (miom) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel tumor di dalam atau di sekitar uterus (rahim). Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab miom bukanlah penyakit yang bersifat ganas alias non-kanker. Hal ini disebabkan karena, benjolan atau tumor yang tumbuh akibat mioma uteri merupakan tumor jinak. Mioma uteri sendiri terjadi ketika sel otot pada rahim yang tumbuh secara abnormal. Namun, belum dapat dipastikan apa penyebab dari pertumbuhan sel abnormal tersebut. Miom juga dapat terjadi pada wanita yang tengah hamil, namun kasus ini sering terjadi pada wanita berusia 30 hingga 40 tahun.

Perlu Anda ketahui, bahwa miom pada rahim dapat tumbuh dengan ukuran yang bervariasi dengan pola pertumbuhan yang juga bervariasi. Pertumbuhan miom tersebut ada yang secara cepat, perlahan, atau bahkan berhenti tumbuh pada tahap tertentu. 

Selain itu, pada beberapa kasus mioma uteri, miom yang tumbuh juga dapat menyusut dan menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Kondisi ini umumnya dialami oleh wanita yang sedang hamil. Pasalnya, melahirkan merupakan salah satu penyebab miom yang tumbuh di rahim menghilang, serta diiringi dengan ukuran uterus yang kembali normal.

Makanan Pemicu Mioma Uteri

Berikut ini beberapa makanan yang dapat memicu pertumbuhan mioma uteri, yaitu :
  • Seafood
Seafood merupakan salah satu makanan yang banyak digemari. Namun, sayangnya kandungan kolesterol yang tinggi pada seafood dapat menyebabkan sel otot di sekitar rahim tumbuh secara abnormal, sehingga dapat memicu tumbuhnya miom pada rahim. Maka dari itu, bagi Anda para wanita, sebaiknya batasi konsumsi seafood, jangan mengonsumsinya secara berlebihan dan seimbangi dengan asupan buah-buahan serta sayuran guna mereduksi tingkat kolesterol dan lemak jenuh di dalam tubuh.

  • Jeroan

Selain seafood, jeroan juga merupakan makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh tinggi. Kolesterol yang menumpuk di dalam tubuh jelas dapat memicu pertumbuhan mioma uteri. Oleh sebab itu, jeroan juga menjadi salah satu asupan makanan yang perlu dibatasi, khususnya oleh wanita, demi menjaga kesehatan rahim.

  • Daging merah

Daging merah dan bebek juga tak kalah mengandung lemak jenuh yang tinggi dan juga dapat meningkatkan kadar hormon estrogen pada tubuh wanita, sehingga dapat memicu terjadinya mioma uteri.
  • Santan
Santan mengandung minyak dan lemak yang tinggi, sehingga akan berdampak buruk bagi wanita apabila dikonsumsi secara berlebihan. Minyak yang ada pada santan juga mengandung kolesterol jahat yang dapat memicu pertumbuhan miom pada rahim.
  • Makanan cepat saji (junk food)
Junk food memang dinilai sebagai makanan yang sangat tidak sehat, terutama untuk jantung. Selain itu, kadar lemak dan kolesterol tinggi pada makanan cepat saji juga dapat memicu pertumbuhan miom pada rahim.

Disqus Comments