Monday, February 10, 2020

3 Tanaman Berkhasiat sebagai Obat Kanker Tenggorokan


Obat Alami Kanker Tenggorokan. Kanker tenggorokan merupakan salah satu jenis kanker yang harus Anda waspadai. Sebab, meskipun tergolong sebagai jenis kanker yang jarang terjadi, namun kanker tenggorokan dapat mengancam nyawa dan akan semakin sulit diobati jika sudah semakin parah.

Tenggorokan sendiri adalah organ tubuh yang berperan sebagai saluran yang digunakan untuk mengalirkan udara dari hidung ke paru-paru, dan sebaliknya. Saluran tenggorokan terletak mulai dari belakang hidung hingga pita suara. Meski termasuk organ yang penting dalam menyalurkan udara, teggorokan juga merupakan bagian tubuh yang dapat terserang penyakit ganas dan tentunya menyeramkan, yaitu kanker tenggorokan.

Kanker tenggorokan adalah penyakit ganas yang berkembang pada jaringan tenggorokan. Gejala utama yang muncul akibat penyakit ini adalah sakit tenggorokan, perubahan suara (semakin serak atau berat), hingga kesulitan menelan.

Selain berkembang pada jaringan tenggorokan, kanker tenggorokan dapat berkembang dari jaringan penyusun organ-organ tersebut, seperti pita suara atau amandel. orang yang merokok dan sering mengonsumsi alkohol juga lebih berisiko terkena kanker tenggorokan.

Penyebab utama dari kanker tengorokan adalah akibat adanya perubahan atau mutasi gen pada sel-sel di tenggorokan. Mutasi gen ini dapat memicu pertumbuhan sel abnormal secara tak terkendali.

Pengobatan kanker yang kerap menjadi pilihan adalah operasi, kemoterapi, dan radioterapi. Namun, banyak juga orang yang memilih untuk menjalani pengobatan tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami. Nah, bahan-bahan alami di bawah ini dapat membantu pengobatan kanker tenggorokan, yaitu :

  • Ginseng


Ginseng disebut-sebut juga sebagai tanaman ajaib, karena memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Tanaman ini memiliki kandungan ginsenosida dan polisakarida yang memiliki sifat antikanker dan antitumor. Maka dari itu, ginseng dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan kanker, termasuk kanker tenggorokan.

Sifat antikanker dan juga antitumor yang dimiliki ginseng dipercaya dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh. Senyawa aktif pada ginseng juga dapat membantu mempercepat pross perbaikan sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan akibat pengobatan kemoterapi atau radioterapi.

  • Kunyit


Selain ginseng, kunyit juga dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dikenal memiliki khasiat yang luar biasa sebagai obat tradisional, salah satunya sebagai obat herbal kanker tenggorokan.

Kandungan kurkumin pada kunyit diketahui dapat membantu menghambat penyebaran sel-sel kanker dan membantu meningkatkan sensitivitas tumor terhadap obat kemoterapi.

  • Kulit Buah Manggis


Buah manggis telah banyak diteliti terkait potensinya dalam mengobati masalah kesehatan. Buah manggis sendiri dipercaya dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk membantu pengobatan kanker tenggorokan. Namun, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.


Disqus Comments