Monday, February 10, 2020

Apakah kanker nesofaring menular? Ini Dia Penjelasannya


Apakah kanker nesofaring menular? Sebelum membahas menganai kanker nesofaring itu menular atau tidak, ada baiknya jika Anda mengetahui apa itu kanker nesofaring, apa penyebabnya, dan seperti apa gejala yang dirasakan penderita.

Penyakit yang mengganggu kesehatan hidung nyatnya tidak hanya flu. Namun, ada penyakit yang lebih berat dan serius, yakni kanker nesofaring. Nesofaring sendiri merupakan salah satu bagian yang berada di tenggorokan bagian atas, lokasinya tepat berada di belakang hidung dan di balik langit-langit ronda mulut. 

Kanker nesofaring sendiri termasuk dalam jenis kanker yang jarang terjadi alias terbilang tidak umum. Bahkan, catatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa, kanker nesofaring hanya mengambil bagian 0,7 persen dari keseluruhan kasus kanker yang ada di dunia. Dialporkan ada 80 ribu kasus bari di setiap tahunnya.

Penyebab Kanker Nesofaring

Penyebab kanker nesofaring sendiri sebenarnya hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti. Namun, ahli medis menduga kanker jenis kanker ini disebabkan oleh adanya perubahan atau mutasi gen yang menyebabkan sel-sel abnormal tumbuh tak terkendali.


Selain perubahan atau mutasi gen, para ahli juga menduga bahwa kanker nesofaring ini berhubungan dengan virus Epstein-Barr (EBV). Umumnya, EBV terdapat pada air liur dan dapat ditularkan melalui kontak langsung dari satu orang yang terkontaminasi ke orang lain atau melalui benda yang terkontaminasi.

Selain kanker nesofaring, EBV juga menjadi penyebab beberapa penyakit, salah satunya adalah mononukleosis. Akan tetapi, pada sebagian besar kasus, EBV tidak menyebabkan masalah, seperti terjadinya infeksi yang berkepanjangan. Maka dari itu, hubungan EBV dengan kanker nesofaring masih harus diteliti lebih lanjut.

Gejala Kanker Nesofaring

Selain gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, berikut ini gejala lain yang dapat terjadi pada penderita kanker nesofaring :
  • Ada benjolan di tenggorokan.
  • Sakit tenggorokan.
  • Kesulitan untuk membuka mulut.
  • Terjadi infeksi di telinga.
  • Adanya gangguan pada pendengaran, seperti telinga berdengung dan terasa tidak nyaman.
  • Wajah terasa sakit atau mati rasa.
  • Sakit kepala.
  • Mimisan terus-menerus.
  • Hidung tersumbat terus-menerus.
  • Adanya gangguan penglihatan (kabur atau berbayang).
Awalnya, kanker nesofaring cenderung tidak menimbulkan gejala yang spesifik. Hal ini disebabkan karena,gejala yang timbul akibat penyakit ini cukup sulit dibedakan dengan gejala flu. Sehingga, penderita hanya menganggapnya sebagai flu biasa, dan pada akhirnya kondisi kanker pun semakin memburuk dan telah mencapai stadium lanjut.

Baca Juga : Harga Obat Kanker & Tumor

Apakah kanker nesofaring dapat menular?

Pada dasarnya, tidak ada jenis kanker yang menular. Hal ini disebabkan karena, kanker sendiri merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan pertumbuhan sel, sehingga mengubah sel menjadi sel abnormal atau sel kanker. Maka dari itu, kanker yang diderita oleh seseorang tidak lantas akan membuat orang lain tertular penyakit yang sama layaknya penyakit infeksi.

https://lingshenyao.id/beli-obat-online/
Disqus Comments