Wednesday, February 12, 2020

Harapan Hidup Penderita Kanker Pankreas


Harapan Hidup Kanker Pankreas. Kanker adalah penyakit yang paling ditakuti di dunia. Bagaimana tidak? penyakit ini bisa sangat mengancam nyawa dan proses pengobatannya pun tidak sederhana. Namun, dari berbagai jenis kanker, ada beberapa jenis kanker yang dinilai sangat sulut untuk ditaklukan. Salah satunya adalah kanker pankreas. Lantas, apa yang membuat kanker pankreas sangat sulit ditaklukan? Simak ulasan berikut.

Kanker pankreas merupakan kondisi yang diawali dengan munculnya tumor di dalam pankreas. Penyakit ini dapat dialami oleh pria maupun wanita, dan umumnya terjadi pada orang-orang berusia lanjut, yakni di atas 75 tahun.

Pankreas sendiri merupakan salah satu dari berbagai macam organ penting yang terdapat di rongga perut. Namun, ada beberapa jenis penyakit yang dapat ditemukan di pankreas, seperti radang pankreas (pankreatitis) baik akut maupun kronis, hingga kanker pankreas. Meski begitu, untuk mendeteksi adanya masalah kesehatan di pankreas bukanlah suatu hal yang mudah, sebab posisi pankreas terletak jauh di belakang dan bawah rongga perut.

Pankreas merupakan organ fungsi yang penting bagi tubuh, organ ini bertugas untuk memproduksi enzim pecernaan yang digunakan untuk menguraikan makanan agar dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Selain itu, pankreas juga berfungsi untuk memproduksi hormon, termasuk insulin, yang berfungsi untuk menjaga kestabilan kadar glukosa atau gula darah di dalam tubuh.

Perlu Anda ketahui, bahwa kanker pankreas pada tahap awal cenderung tidak menimbulkan gejala khusus, bahkan bisa jadi tidak menimbullkan gejala sama sekali, sehinga banyak pengidap kanker pankreas yang baru mengetahui kondisinya saat kanker telah memasuki tahap lanjut. 

Meski begitu, jika kanker pankreas terdeteksi lebih awal pun, tetap saja kondisinya akan cepat memburuk dan berdampak fatal. Pada dasarnya gejala kanker pankreas tidak muncul sampai kanker sudah menyebar dan tidak mungkin lagi dilakukan operasi. Hal inilah yang menyebabkan kanker pankreas tergolong sebagai jenis kanker yang sulit ditaklukan.

Penyebab Kanker Pankreas

Meskip penyebab pasti dari kanker pankreas masih belum diketahui, namun ada beberapa faktor risiko yang membuat peluang seseorang terkena penyakit ini lebih tinggi. Di antayanya adalah penderita diabetes, obesitas (kelebihan berat badan), inflamasi atau peradangan kronis di pankreas, serta memiliki keluarga dengan riwayat kanker.

Selain itu, kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan mengonsumsi alkohol pun dapat meningkatkan peluang seseorang mengalami kanker pankreas.

Gejala Kanker Pankreas

Telah disampaikan sebelumnya, bahwa kanker pankreas pada tahap awal cenderung tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, gejala umum yang biasanya terjadi adalah :
  • Penyakit kuning.
  • Sakit perut atu punggung.
  • Kehilangan berat badan.
  • Diabetes
  • Darah mudah menggumpal
  • Gangguan pada sistem pencernaan
  • Perubahan pola buang air besar
  • Demam
  • Gatal
  • Mual dan muntah
  • Hilangnya nafsu makan

Harapan Hidup Penderita Kanker Pankreas

American Cancer Society menyebutka bahwa, harapan hidup relatif 5 tahun penderita kanker pankreas stadium lanjut hanya sekitar 1 persen. Itu artinya, hanya 1 dari setiap 100 penderita kanker bermetastasis bisa hidup selama 5 tahun setelah didiagnosis.

Angka harapan hidup penderita kanker pankreas memang sangan rendah. Hal ini disebabkan karena, kanker biasanya sudah menyevar ke jaringan tubuh lain pada stadium lanjut. Bahkan, dalam beberapa kasus, proses operasi sudah tidak memungkinkan lagi.

Meski data menunjukan demikian, namun tingkat harapan hidup tiap penderita berbeda-beda. Hal ini bergantung pada usia, kondisi kesehatan secara umum, jaringan yang terpengaruh, serta keadaan mental penderita kanker. Hal yang harus dilakukan tentunya mengikuti pengobatan untuk mengurangi gejala dan mencegah perkembangan kanker.

Disqus Comments