Sunday, February 23, 2020

Cara Mencegah dan Mengobati Keputihan tidak Normal


Cara mengobati keputihan berwarna hijau secara alami. Keputihan merupakan suatu hal yang kerap dialami wanita. Hal ini umumnya merupakan kondisi yang normal, namun ada juga kondisi di mana cairan yang keluar saat keputihan tidak normal. Keputihan yang tidak normal ditandai dengan perubahan warna, tekstur, dan aromanya. Lantas, bagaimana cara mengatasi keputihan yang tidak normal? Simak ulasan di bawah ini.

Keputihan sendiri merupakan cairan yang keluar dari organ intim wanita. Keputihan pada dasarnya merupakan hal normal yang terjadi pada setiap wanita, sebab keputihan merupakan reaksi alami tubuh yang menandakan bahwa vagina dapat membersihkan dirinya sendiri dengan baik. Selain itu, keputihan juga berguna untuk menjaga vagina agar tidak mengalami masalah, seperti kekeringan, iritasi, dan infeksi. 

Meski begitu, ada juga kondisi keputihan yang tidak normal. Perlu Anda ketahui, bahwa keputihan yang normalcenderung tidak berwarna (bening) atau putih susu, serta tidak memiliki bau yang menyengat. 

Sementara itu, keputihan yang tidak normal memiliki warna yang terlihat kuning atau kehijauan. Keputihan yang tidak normal bahkan dapat disertai dengan rasa gatal pada vagina. Hal ini tentu saja tidak bisa dibiarkan secara terus menerus.

Penyebab Keputihan Tidak Normal

Berikut ini beberapa penyebab keputihan berwarna hijau :
  • Trikomoniasis, yakni penyakit menular seksual yang disebabkan oleh protozoa parasit Trichomonas vaginalis. Gejala yang dirasakan adalah area vagina yang terasa gatal atau panas seperti terbakar.
  • Chlamydia, merupakan infeksi yang juga ditularkan ke orang lain lewat bakteri. Umumnya kondisi ini dialami oleh wanita usia muda dan sering melakukan hubungan intim.
  • Gonore, penyakit ini disebabkan oleh bakteri, yaitu Neisseria gonorrhoeae. Penularannya dapat terjadi akibat kontak fisik secara vaginal.

Cara Mencegah Keputihan Tidak Normal

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya keputihan yang tidak normal :
  • Memakai celana berbahan nyaman, seperti katun.
  • Membersihkan area kewanitaan dengan benar setelah buang air kecil atau besar.
  • Menghindari penggunaan pembersih area kewanitaan yang mengandung pewangi.
  • Tidak melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan.

Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal

Cara mengatasi keputihan abnormal sebenarnya tergantung dengan penyebabnya. Pasalnya, hal ini harus diatasi mulai dari penyebabnya. Namun, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan sebagai penanganan keputihan tidak normal :
  • Menggunakan krim anti-jamur, jika penyebab keputihan adalah jamur.
  • Mengompres area vagina dengan air dingin ketika terjadi pembengkakan atau terasa gatal.
  • Mengonsumsi antibiotik yang diresepkan dokter.

Disqus Comments