Monday, February 17, 2020

Cara mengobati kelenjar getah bening di ketiak secara alami


Cara mengobati kelenjar getah bening di ketiak secara alami. Munculnya benjolan atau pembengkakan di ketiak memang kerap membuat panik, terutama wanita. Pasalnya, kondisi ini seringkali dikaitkan dengan kanker payudara, yang ma apenyakit tersebut merupakan penyakit yang sangat mematikan bagi wanita. Namun, apa sebenarnya penyebab terjadinya pembengkakan pada ketiak? Simak penjelasan di bawah ini.

Pembengkakan di ketiak bisa terjadi akibat pembengkakan pada kelenjar getah bening. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi atau akibat dari penggunaan obat-obatan tertentu yang memberikan efek samping berupa pembengkakan pada kelenjar getah bening. Pembengkakan kelenjar getah bening biasanya akan mengecil atau menghilang dengan sendirinya seiring meredanya infeksi dan berhenti mengonsumsi obat yang memicu pembengkakan tersebut. 

Pada dasarnya, kelenjar getah bening tersebar di seluruh bagian tubuh, dan terhubung melalui jaringan pembuluh getah bening. Akan tetapi, hanya ada beberapa bagian dari kelenjar getah bening yang dapat teraba, seperti pada leher, bawah dagu, sela paha, dan ketiak.

Apa sebenarnya fungsi dari kelenjar getah bening? Kelenjar getah bening atau yang juga dikenal sebagai kelenjar limfa memiliki peran yang sangat penting dalam sistem imunitas pada tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena kelenjar getah bening merupakan bentuk pertahanan yang siap untuk mengatasi infeksi pada tubuh. Meski begitu, kelenjar getah bening juga rentan terhadap serangan penyakit. Salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi adalah pembengkakan kelenjar getah bening, yang biasanya terjadi akibat infeksi virus atau bakteri. 

Lantas, apakah pembengkakan kelenjar getah bening merupakan suatu kondisi yang wajar, atau justru merupakan kondisi yang berbahaya seperti kanker limfoma?

Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Hal yang perlu diluruskan adalah, bahwa pembengkakan kelenjar getah bening tidak selalu disebabkan oleh kanker limfoma. Pembengkakan ini juga dapat disebabkan karena hal lain, di antaranya adalah :
  • Infeksi

Ada beberapa jenis infeksi yang sering menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Di antaranya adalah infeksi saluran nafas bagian atas atau sakit tenggorokan, infeksi gigi, infeksi telinga, campak, infeksi kulit, moonucleosis, HIV, hingga penyakit infeksi lain yang jarang terjadi, seperti tuberkulosis (tbc), penyakit menular seksual (sifilis), dan infeksi akibat cakaran atau gigitan kucing.
  • Penyakit autoimun

Penyakit autoimun merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan pada sistem imun, seperti pada penderita lupus atau rematoid artritis.
  • Pengaruh obat-obatan

Pembengkakan kelenjar getah bening juga dapat dipicu oleh penggunaan obat-obatan tertentu. Beberapa jenis obat yang dapat memicu pembesaran kelenjar getah bening antara lain adalah allopurinol, atenol, tegretol, penicilli, captopril, apresoline, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mengobati kelenjar getah bening di ketiak secara alami?

Berikut ini beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengobati benjolan di ketiak akibat pembengkakan kelenjar getah bening :
  • Kompres bagian tubuh yang mengalami pembengakakn dengan air hangat.
  • Baluri benjolan dengan minyak kelpa atau gel lidah buaya.
  • Jika penyebabnya akibat infeksi bakteri, maka segera konsumsi antibiotik sesuai dengan anjuran dokter.
  • Istirahat yang cukup
  • Jika pembengkakan disertai dengan rasa sakit, maka Anda dapat mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol.
Disqus Comments