Wednesday, February 26, 2020

Inilah Perbedaan Tumor Payudara Jinak dan Ganas


Benjolan Payudara Normal. Munculnya benjolan di payudara seringkali dihubung-hubungkan dengan kemungkinan terjadinya kanker payudara. Padahal, belum tentu benjolan yang muncul di payudara merupakan kanker. Pasalnya, dalam sebagian kausus benjolan di payudara, tumor yang terbentuk merupakan tumor jinak (non-kanker)Oleh sebab itu, penting bagi Anda, khususnya wanita, untuk mengetahui apa bedanya antara tumor payudara jinak dan tumor payudara ganas.

Pada dasarnya tumor payudara jinak merupakan benjolan yang terbentuk di dalam payudara. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab benjolan ini terbentuk dari sel ganas yang tumbuh secara abnormal dan tidak kendali,seperti halnya pada kanker, serta tidak akan menyebar dan mempengaruhi organ tubuh lainnya. Umumnya tumor jinak tidak membahayakan nyawa penderita. Tekstur dari benjolan yang tumbuh juga beragam, tergantung dari jenisnya. Ada benjolan yang terasa padat apabila disentuh, dan ada pula yang berisi cairan.
Selain itu, perlu Anda ketahui juga bahwa meskipun sebagian besar benjolan yang tubuh di payudara merupakan tumor jinak, namun benjolan di payudara juga bisa menjadi suatu gejala dari kanker payudara.
Maka dari itu, jika Anda menemukan benjolan yang tumbuh di payudara Anda, segera menemui dokter untuk memeriksakan diri Anda, agar penyebabnya diketahui secara pasti dan juga dapat diatasi dengan cepat dan tepat.

Ciri-ciri Tumor Payudara Jinak dan Ganas

Berikut ini beberapa ciri-ciri tumor payudara jinak dan ganas yang perlu Anda ketahui :

  • Tumor payudara jinak memiliki batas yang jelas dengan jaringan lain yang ada sekitarnya. Berbeda dengan tumor jinak, benjolan yang uncul di payudara akibat tumor ganas tidak memiliki batasan yang jelas.
  • Tumor jinak di payudara umumnya bisa digerakkan. Namun, jika tumor bersifat ganas atau kanker, maka benjolan tersebut cenderung tidak dapat digerakkan sama sekali, seperti menyatu dengan jaringan di sekitarnya.
  • Tumor payudara jinak juga cenderung memiliki tekstur yang lebih kenyal dan lunak ketika disentuhBerbeda dengan tumor payudara ganas atau kanker payudara justru akan terasa keras dan padat ketika disentuh.

Cara Mengatasi Tumor Jinak di Payudara

Pada sebagian besar kasus, benjolan di payudara yang bersifat jinak sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus, sebab tidak akan membahayakan tubuh. Bahkan dalam beberapa kasus, tumor payudara jinak dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Sementara itu, perawatan medis diperlukan saat benjolan di payudara tumbuh semakin besar atau menimbulkan gejala yang membuat Anda tidak nyaman.
Selain itu, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu menghilangkan benjolan di payudara :
  • Pemberian obat, seperti pil KB, antibiotik, dan obat pereda nyeri.
  • Aspirasi jarum halus, yaitu proses mengeluarkan cairan di benjolan payudara dengan menggunakan jarum khusus.
  • Lumpektomi, yaitu proses pengangkatan tumor dengan memberikan irisan di area tumor.
  • Prosedur bedah atau operasi pengangkatan tumor.
Disqus Comments