Tuesday, February 25, 2020

Inilah Penyebab Munculnya Benjolan di Dalam Perut


Apa yang terjadi jika tiba-tiba Anda menemukan adanya benjolan di perut Anda? Tentunya Anda akan merasa panik dan khawatir. Sebab, kondisi ini dikhawatirkan merupakan pertanda adanya suatu penyakit yang tergolong serius. Lantas, apa sebenarnya penyebab dari munculnya benjolan di dalam perut? Simak ulasan di bawah ini.

Perlu Anda ketahui, bahwa pada dasarnya benjolan yang muncul di dalam perut dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti benjolan akibat massa tumor ataupun hernia. Benjolan di dalam perut akibat tumor dapat berasal dari bawah kulit perut maupun dari organ lainnya yang berada di dalam perut. Benjolan ini juga dapat tumbuh secara perlahan atau cepat, serta menetap.

Apa Penyebab Munculnya Benjolan di Dalam Perut?


Berikut ini beberapa kondisi umum yang memicu tumbuhnya benjolan di dalam perut :
  • Fibroid Rahim
Munculnya benjolan di dalam perut bisa jadi merupakan gejala dari tumor jinak rahim, atau yang juga dikenal sebagai fibroid rahim. Fibroid rahim sendiri biasanya tumbuh di bagian atas atau di dalam otot rahim. Meskipun terbilang sebagai jenis tumor yang bersifat jinak (non-kanker), namun jika ukuran tumor ini cukup besar, maka dapat menyebabkan penderita mengalami gejala berupa pendarahan yang cukup parah.

Fibroid rahim merupakan masalah kesehatan yang kerap dialami wanita, tepatnya di area rahim. Kondisi ini lebih banyak ditemukan pada wanita dengan rentang usia usia 40 sampai 50 tahun. Namun, fibroid rahim diketahui tidak akan meningkatkan risiko kanker rahim, bahkan kasus ini hampir tidak ada hubungannya dengan perkembangan kanker pada rahim.

  • Hernia

Selain tumor, benjolan di perut juga dapat disebabkan karena hernia. Apa itu hernia? Hernia adalah benjolan dalam perut yang tumbuh akibat ada celah di perut yang membuat organ usus masuk ke dalam rongga tersebut, sehingga menyebabkan munculnya benjolan. Umumnya, benjolan akibat hernia tumbuh di area pusar atau di bagian perut yang pernah di operasi. Benjolan akibat hernia umumnya bersifat hilang tibul, dan seringkali timbul ketika Anda menjalani aktivitas, kemudian hilang ketika Anda tidur atau beristirahat.

  • Keloid

Keloid juga merupakan salah satu kondisi yang dapat memicu munculnya benjolan di perut. Kondisi ini terjadi akibat jaringan parut yang terbentuk setelah penyembuhan luka.
  • Tumor Ganas
Berbeda dengan tumor jinak, tumor ganas merupakan kondisi yang jauh lebih serius dan tentunya lebih berbahaya. Tumor ganas yang menyebabkan bejolan di perut juga dapat menyebar ke organ tubuh lainnya, sehingga pengobatannya pun lebih rumit dibandingkan dengan tumor jinak.

Disqus Comments