Monday, February 3, 2020

Penyebab Benjolan di Ketiak Sakit saat Ditekan


Benjolan di Ketiak Kiri Sakit Bila Ditekan.Anda mungkin merasa sangat khawatir ketika benjolan yang ada di ketiak Anda terasa sakit, terutama apabila ditekan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab dalam kebanyakan kasus, kondisi ini bukanlah masalah yang serius dan biasanya terjadi akibat pembengkakan kelenjar getah bening.

Akan tetapi, Anda sebaiknya tetap mengunjungi dokter untuk berkonsultasi, jika benjolan tersebut terasa amat sakit dan mengganggu kenyamanan Anda. Pasalnya, dokter akan membantu mendiagnosa penyebabnya dan menentukan pilihan terbaik untuk mengobatinya. 

Pada dasarnya, benjolan di ketiak merupakan hal yang dapat terjadi pada siapa saja, dan tak jarang kondisi ini menimbulkan berbagai macam keluhan atau gejala pada penderitanya. Bahkan, ada beberapa wanita yang mengaitkan kemunculan benjolan di ketiak ini dengan kanker payudara. Pasalnya, benjolan di ketiak muncul secara tiba-tiba, bahkan terkadang disertai dengan rasa sakit.

Benjolan pada ketiak bisa jadi muncul akibat pencukuran bulu ketiak yang salah, reaksi alergi, infeksi virus atau bakteri, penggunaan deodoran, hingga tumor atau kanker. Pada beberapa kasus, benjolan di ketiak dapat membuat badan menjadi panas dingin, sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas, apa penyebab benjolan di ketiak nyeri ketika ditekan?

Penyebab benjolan di ketiak nyeri di antaranya adalah :

  • Pembengkakan Kelenjar Getah Bening


Hal utama yang menyebabkan benjolan di ketiak terasa sakit ketika ditekan adalah akibat pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening sendiri sebenarnya tidak hanya ada di ketiak, melainkan di beberapa tempat di bagian tubuh, seperti di leher, di lipatan paha, dan lain-lain. Kelenjar ini dapat membengkak ketika tubuh terkena infeksi.

Namun, khusus untu pembengakakan kelenjar getah bening yang ada di ketiak, bisa jadi merupakan suatu indikasi adanya infeksi di daerah tersebut, atau ditempat lain, seperti payudara, lengan, atau bagian tubuh lainnya.

  • Bisul


Rasa nyeri di ketiak juga dapat disebabkan oleh bisul, yang merupakan benjolan lancip seperti gunung dengan nanah diujungnya. Bisul di ketiak tumbuh layaknya bisul di kulit lainnya, serta dapat menimbulkan rasa sakit meskipun tidak disentuh. Rasa sakit juga akan semakin parah ketika lengan digerakkan.

  • Kista Sebasea

Kista sebasea merupakan benjolan nonkanker yang dapat tumbuh di bawah kulit, yang berasal dari kelenjar minyak. Kista ini tumbuh dengan ukuran kecil, cenderung lambat, dan memiliki bintik hitam ditengahnya. Mulanya, kista ini memang tidak menimbulkan rasa sakit, namun ketika ada bakteri yang masuk dan berkembang biak, maka terjadilah penumpukan nanah atau abses, yang menyebabkan benjolan tersebut terasa sakit.

https://lingshenyao.id/cara-mengobati-benjolan/
Disqus Comments