Thursday, February 6, 2020

Inilah Efek Samping Konsumsi Air Rebusan Daun Sirsak


Amankan konsumsi rebusan daun sirsak walaupun tidak menderita penyakit? Daun sirsak merupakan jenis tumbuhan yang dikenal memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Selain buahnya yang terasa nikmat, segar, dan kaya akan serat, daun sirsak juga memiliki senyawa yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, yakni acetogenin. Acetogenin sendiri merupakan  senyawa yang berfungsi untuk membunuh racun yang ada di dalam tubuh dengan cara menghambat sel kanker untuk berkembang.

Banyak orang yang mengandalkan bagian daun sirsak untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Pasalnya, daun sirsak juga memiliki kandungan vitamin C, folat, dan berbagai mineral, seperti kalium, kalsium, tembaga, zat besi dan magnesium, yang menjadikan daun sirsak sebagai sumber nutrisi yang baik untuk tubuh.

Selain itu, daun sirsak  juga sudah banyak digunaka sebagai bahan utama pengobatan herbal atau obat tradisional.

Mafaat Daun Sirsak

Berikut ini beberapa manfaat daun sirsak untuk tubuh :
  • Mencegah dan Mengobati Diabetes

Daun sirsak memiliki banyak kandungan anti-oksidan yang mengandung senyawa saponin, polifenol, dan bioflanoid, dimana zat-zat tersebut berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit, seperti diabetes. Para peneliti telah menyimpulkan bahwa senyawa yang terdapat pada daun sirsak bisa menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia.
  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain diabetes, daun sirsak juga dapat membantu mengatasi kolesterol tinggi secara alami. Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin dipercaya dapat menurunkan kolesterol tinggi total sekitar 20 sampai 30 persen.
  • Mengatasi Tekanan Darah Tinggi 

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi), sebaiknya Anda waspada. Sebab, darah tinggi sering kambuh secara tiba-tiba. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memanfaatkan air rebusan daun sirsak di pagi dan malam hari sebelum tidur, guna menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh.

Efek Samping Daun Sirsak Bagi Tubuh


Disamping memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh,  Anda juga perlu mengetahui efek samping yang dapat timbul ketika mengonsumsi ramuan daun sirsak secara berlebihan. Efek samping tersebut antara lain adalah :
  • Mual dan muntah.
  • Diare.
  • Membentuk kristal di ginjal.
  • Mengalami masalah pada rahim, seperti adanya kontraksi pada dinding rahim, sehingga berbahaya bagi Ibu hamil.
  • Meningkatkan jumlah keringat.
  • Menimbulkan masalah jantung.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Menyebabkan infeksi di dalam tubuh.
Maka dari itu, sebaiknya Anda mengonsumsi daun sirsak sesuai dengan dosis yang diperlukan dan juga jangan berlebihan, agar tidak terjadi efek samping seperti yang telah disebutkan di atas.

Disqus Comments