Wednesday, February 5, 2020

Apa Perbedaan antara Tumor, Kista, dan Miom?


Adakah Hubungan antara Ca Gladula sama Kista dan Mioma. Apa yang pertama kali terlintas di benak Anda ketika mendengar penyakit tumor, kista dan miom? Mungkin Anda merasa takut setelah mendengarnya dan terbayang-bayang akan operasi maupun kematian. Terdiagnosis memiliki salah satu dari ketiga penyakit tersebut tentunya bagai sebuah mimpi buruk bagi Anda. Lantas, tahukah Anda apa perbedaan dari tumor, kista, dan miom? Pasalnya, banyak orang yang keliru dalam membedakan ketiga penyakit tersebut. Dalam atrtikel ini, kami akan membahas perbedaan dari ketiga penyakit tersebut. Simak ulasan berikut.

Tumor

Pada dasarnya, tumor lebih mengacu pada sebuah masa yang tumbuh secara abnormal di dalam tubuh. Tumor sendiri dapat berisi padatan (berupa danging) atau cairan, juga dapat tumbuh dan berkembang di bagian tubuh mana saja, di antaranya adalah tulang, organ dalam, dan jaringan lunak. Tumor yang tumbuh di dalam tubuh bisa memiliki sifat jinak (tidak berbahaya dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain) dan ada juga yang bersifat ganas (kanker), yang dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan menyebabkan masalah yang lebi serius.

Meski tumor jinak tidak berbahaya seperti tumor ganas, tetapi tetap saja Anda harus segera mengobatinya. Pasalnya, apabila tidak segera diobati, tumor jinak akan tumbuh semakin membesar, sehingga menyebabkan masalah serius karena ukurannya yang menekan organ lain disekitarnya.

Kista

Kista adalah benjolan berbentuk kapsul atau kantung tertutup yang bisa berisi udara, cairan, rambut, atau jaringan lainnya yang bersifat abnormal dan menempel pada organ terdekat. Kista termasuk kedalam jenis tumor yang bersifat jinak (non-kanker), sehingga kista cenderung tidak berbahaya dan tidak akan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa kista seringkali tidak menimbulkan gejala apapun, sehingga penderita tak sadar akan keberadaan kista tersebut dan pada akhirnya kista berkembang menjadi lebih besar dan dapat menjadi semakin parah.

Kista juga dapat tumbuh di bagian tubuh manapun, seperti organ hati, ginjal, hingga payudara. Namun, kista lebih banyak ditemukan di daerah rahim atau yang disebut dengan kista ovarium.

Miom

Miom atau mioma juga dikenal dengan istilah fibroid, yakni dalah datu jenis tumor jinak yang tumbuh di otot atau jaringan ikaat di sekitar rahim. Miom juga tidak bersifat ganas, sehingga tidak berbahaya layaknya kanker. Namun, penyebab dari miom sendiri masih belum diketahui secara pasti. Meski begitu, ada beberapa faktor yang diduga dapat memengaruhi pembentukan miom di rahim, di antaranya adalah perubahan hormon (estrogen dan progesteron) dan juga faktor kehamilan.

Baca Juga : Perbedaan Kista dan Miom yang Harus Anda Waspadai dan Sembuhkan

Sama seperti kista, miom juga jarang disadari penderitanya, sebab tidak menimbulkan gejala apapu. Namun, lama-kelamaan miom dapat menyebabkan masalah berupa pendarahan pada vagina, sakit perut, nyeri panggul, buang air kecil menjadi lebih sering, hingga timbulnya rasa nyeri dan ketidaknyamanan ketika melakukan hubungan seksual.

Banyak wanita yang masih bingung membedakan antara miom dan kista. Padahal, miom dan kista merupakan dua kondisi yang berbeda. Kista sendiri merupakan benjolan berisi cairan, sedangkan miom terbentuk dari sel-sel yang tumbuh secara terus-menerus, sehingga membentuk daging tumbuh.

https://lingshenyao.id/obat-penghancur-kista/
Disqus Comments