Wednesday, January 8, 2020

Kenali Gejala dan Penyebab Polip Serviks Sejak Dini


Apa itu polip leher rahim? Polip merupakan tumbuhnya jaringan kecil yang umumnya bersifat jinak (non-kanker), akan tetapi dalam beberapa kasus langka, polip juga dapat tumbuh dengan ganas (bersifat kanker). Polip leher rahim atau polip serviks merupakan suatu kondisi di mana polip tumbuh di sekitar mulut rahim.

Pada dasarnya, pertumbuhan polip padamulut rahim sendiri merupakan suatu hal yang normal. Bahkan, pada sebagian besar wanita dengan usia di atas 20 tahun, polip dapat tumbuh di sekitar mulut rahim. Meskipun begitu, polip serviks lebih sering ditemukan pada wanita yang berusia di atas 40 tahun.

Dalam kebanyakan kasus, hanya ada satu polip yang tumbuh di saluran di permukaan mulut rahim atau serviks. Namun, dalam beberapa kasus lainnya, ada lebih dari satu polip yang tumbuh di mulut rahim.

Biasanya, polip serviks tidak akan menimbulkan masalah apapun bagi penderita. Akan tetapi, ketika polip serviks menyebabkan gangguan kesehatan, maka polip dapat menimbulkan gejala, seperti pendarahan yang tidak normal dan menstruasi yang lebih banyak dari biasanya.

Perlu Anda ketahui bahwa polip merupakan pertumbuhan jaringan yang tergolong tidak normal. Meskipun umumnya bersifat jinak, namun ada beberapa polip yang justru bersifat ganas dan berbahaya. Pasalnya, polip yang tumbuh tidak normal dan sel kankaer merupakan sel abnormal yang dapat terus tumbuh dan menyebar ke organ tubuh lain.

Baca Juga : Kanker Serviks Stadium 1B | Begini Pengobatannya

Gejala Polip Serviks

Dalam sebagian besar kasus, polip serviks justru tidak menimbulkan gejala yang mengganggu. Bahkan, kebanyakan wanita tidak menyadari bahwa mereka mengalami polip serviks. Kebanyakan dari mereka baru mengetahui keberadaan polip ketika melakukan pap smear ataupemeriksaan serviks lainnya guna memeriksa masalah kesehatan lain.

Apabila polip yang Anda miliki menimbulkan gejala, maka kemungkinan hal tersebut menunjukan adanya pendarahan. Kondisi ini juga menyebabkan darah yang keluar saat menstruasi lebih banyak dari biasanya. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus menjalani prosedur pengangkatan polip oleh dokter.

Penyebab Polip Serviks

Sebenarnya, penyebab tumbuhnya polip pada serviks belum sepenuhnya diketahui. Namun, para ahli percaya bahwa tumbuhnya polip pada bagian serviks dapat disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen, penyumbatan pembuluh darah, atau peradangan kronis pada vagina, rahim, atau mulut rahim.

Pada dasarnya, kadar estrogen di dalam tubuh wanita sering mengalami perubahan, terutama ketika hamil, menstruasi, dan masa menjelang menopause. Selain itu, pertumbuhan polip pada serviks juga dapat disebabkan akibat infeksi human papillomavirus (HPV), bakteri, herpes, dan jamur.

Apabila polip tidak menimbulkan gejala yang mengganggu, seperti pendarahan berlebih, maka Anda tidak perlu melakukan penganganan khusus. Namun, apabila polip menimbulkan masalah yang mengganggu kesehatan Anda, maka sebaiknya Anda segera menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan.

https://lingshenyao.id/obat-cina-kista/
Disqus Comments