Friday, January 3, 2020

Apakah Kista Ateroma Harus Dioperasi?


Kista Ateroma di Punggung. Kista ateroma merupakan kantung tertutup atau benjolan yang didalamnya terdapat minyak atau sebum, serta jaringan lain yang terletak di balik permukaan kulit. Jenis kista ini umumnya terbentuk akibat adanya penyumbatan kelenjar minyak pada kulit. Untuk mengatasi kista ateroma, solusi yang paling ampuh adalah dengan melakukan prosedur bedar atau operasi kecil.

Pada kista ateroma, biasanya ditemukan lekukan kecil pada puncak benjolan yang kemungkinan itu adalah kelenjar keringat yang tersumbat. Kista ini juga seringkali ditemukan pada daerah yang memiliki banyak kelenjar keringat, seperti wajah, leher, kulit kepala, dan punggung.

Jika kista ini masih berukuran kecil, maka umumnya tidak akan menimbulkan gejala apapun. Namun, jika ukurannya semakin membesar, maka dapat menimbulkan gejala berupa timbulnya rasa nyeri yang cukup mengganggu. 

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa kista ateroma lebih berisiko dialami oleh mereka yang sering berjerawat.

Penyebab Kista Ateroma

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa kista ateroma dapat terbentuk ketika kelenjar atau saluran minyak mengalami penyumbatan atau kerusakan. Hal ini membuat kista ateroma juga disebut dengan kista sebasea. Kelenjar sebasea sendiri merupakan kelenjar yang mengeluarkan minyak, yakni sebum, yang berfungsi untuk melapisi kulit dan rambut. Penyebab terjadinya kerusakan dan sumbatan di kelenjar tersebut adalah akibat adanya riwayat cedera, jerawat, goresan, atau luka bekas operasi di sekitar kista ateroma berada.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang juga memungkinkan seseorang mengalami kista ateroma. Diantaranya adalah faktor turunan (genetik), adanya kerusakan pada sel-sel kulit akibat operasi, dan adanya kerusakan pada kelenjar sebasea.

Apakah Kista Ateroma Harus Dioperasi?

Dalam sebagian besar kasus, kista ateroma justru tidak membutuhkan perawatan khusus, sebab kista ateroma tidak berpotensi menyebabkan penyakit ganas atau kanker. Meskipun begitu, untuk mencegah terjadinya infeksi dan bekas luka, maka sebaiknya Anda melakukan perawatan sederhana, seperti tidak memencet kista dan mengompres kista dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat, guna cairan kista keluar dan sembuh secara perlahan.

Namun, jika kista ateroma yang diderita semakin membesar dan menimbulkan keluhan atau gejala  yang mengganggu, maka sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Berikut ini beberapa hal yang kemungkinan dokter lakukan untuk mengobati kista ateroma :
  • Injeksi (penyuntikan) pada kista.
  • Insisi dan penyedotan, guna mengeluarkan isi kista.
  • Mengeluarkan isi kista menggunakan laser.
  • Operasi minor (pembedahan kecil).

Disqus Comments