Thursday, January 30, 2020

Manfaat dan Efek Samping Daun Katuk untuk Kesehatan


Efek Samping Daun Katuk. Daun katuk dikenal sebagai tanaman yang memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Manfaat daun katuk yang paling dikenal adalah dapat membantu melancarkan air susu ibu (ASI). Caranya adalah dengan mengolah daun katuk menjadi sayuran yang kemudian dikonsumsi. Namun, selain bermanfaat untuk melancarkan ASI, daun katuk juga dapat dijadikan obat untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.

Daun katuk memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti protein, serat, dan berbagai macam vitamin, sepertivitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Tak hanya itu, daun katuk juga dilengkapi dengan kandungan lemak, fosfor, dan juga kalsium. Daun ini juga memiliki warna hijau gelap, karena mengandung klorofil yang tinggi.

Sementara itu, untuk mengolah sayur daun katuk sendiri, bisa seperti mengolah sayur kangkung atau bayam. Namun, kebanyakan Ibu menyusui memilih untuk mengolah daun katuk menjadi sop bening untuk melancarkan ASI.

Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

Nah, selain untuk melancarkan ASI, berikut ini berbagai macam manfaat daun katuk untuk kesehatan :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa daun katuk mengandung klorofil yang sangat tinggi. Klorofil ini sangat berguna untuk menghilangkan bakteri, virus, dan parasit yang ada di dalam tubuh. Selain itu, daun katuk juga mengandung kolagen yang berguna untuk mengatur kadar kolesterol serta kesehatan pada gusi.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Daun katuk mengandung vitamin A yang tinggi. Dengan begitu, daun kelor sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Sebab, vitamin A sendiri merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan mata Anda.

  • Mencegah Osteoporosis

Selain vitamin A, daun katuk juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Maka dari itu, daun katuk merupakan salah satu solusi bagi Anda yang ingin tulangnya selalu sehat juga terhindar dari osteoporosis.

  • Mengobati Flu

Daun katuk juga dilengkapi dengan zat efederin yang sangat baik bagi orang yang sedang terserang flu. Maka dari itu, daun katuk seringkali dimanfaatkan sebagai obat flu.

Efek Samping Daun Katuk

Meskipun memiliki banyak manfaat untu tubuh, namun daun katuk juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Padalnya, mengonsumsi daun katuk secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya dapat menyebabkan penyakit bronchiolitis permanen.

Bahkan, kandungan alkaloid yang terdapat pada daun katuk juga dapat menyebabkan keracunan jika dikonsumsi secara berlebihan. Dalam kasus terburuk, dapat menyebabkan kematian.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-payudara/
Disqus Comments