Monday, January 6, 2020

Penyebab Muncul Benjolan Keras di Belakang Lutut


Munculnya benjolan keas di belakang lutut bisa jadi pertanda tumbuhnya kista baker. Kista baker sendiri merupakan kista yang terjadi akibat terbentuknya kantong atau benjolan berisi cairan yang tumbuh tepat di belakang lutut. Kondisi ini umumnya dapat membuat lutut mengalami kejang, nyeri, dan terasa kaku. Bahkan, kondisi ini akan semakin parah saat Anda berjalan atau berdiri.
Kista baker merupakan benjolan yang berisi cairan sendi atau cairan sinovial, yakni cairan yang berfungsi sebagai pelumas sendi. Namun, pada kasusu kista baker, cairan tersebut justru mengumpul sehingga membentuk benjolan. Hal ini tentunya memicu terjadinya pembengkakan yang membentuk kista pada bagian belakang lutut, ketika lutut ditekuk maupun diregangkan. 
Jika Anda mengalami kista baker, maka tindakan awal yang harus Anda lakukan sebagai pertolongan pertama adalah mengistirahatkan kaki yang terkena kista. Setelah itu, obati kemungkinan penyebab yang mendasarinya, misalnya radang sendi.

Penyebab Kista Baker

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa pada dasarnya kista baker disebabkan akibat adanya pengumulan cairan sendi atau sinovial di bagian belakang lutut. Hal ini dapat disebabkan karena peradangan pada sendi lutut, seperti cedera lutut atau osteoartritis.

Gejala Kista Baker

Umumnya, gejala yang dirasakan saat seseorang mengalami kista baker adalah rasa nyeri dan kekakuan sendi lutut, yang menyebabkan gerakan lutut menjadi terbatas. Rasa nyeri dan kaku tersebut biasanya akan bertambah parah ketika penderita berdiri dalam waktu yang cukup lama.
Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua penderita kista baker mengalami gejala berupa nyeri sendi. Oleh sebab itu, banyak penderita yang tidak menyadari kondisi ini.

Cara Mengatasi Kista Baker secara Alami

Sebenarnya, kista baker yang tidak memerlukan tindakan khusus dan akan hilang dengan sendirinya, selagi tidak menimbulkan gejala yang mengganggu kenyamanan Anda. Anda dapat melakukan penanganan sederhana di rumah dengan cara-cara berikut ini :
  • Istirahatkan lutut yang terkena kista
Jika lutut Anda nyeri ketika mendapat tekanan atau digerakkan, maka sebaiknya istirahatkan lutut hingga rasa nyeri tersebut hilang, terutama jika nyeri yang Anda rasakan berada di sekitar belakang lutut. Istirahatkan lutut Anda sesering mungkin, minimal selama satu atau dua hari.
  • Kompres bagian lutut yang terkena kista dengan es batu
Selain mengistirahatkan lutut, ada baiknya jika Anda juga mengompres bagian lutut yang mengalami kista dengan es. Pasalnya, es dapat membantu mengurangi peradangan dan bengkak pada area yang terkena kista, dan juga membantu mengurangi rasa nyeri.
  • Angkat Kaki Menggunakan Penyangga
Mengangkat atau menaikkan kaki berguna untuk meedakan peradangan dan pembengkakan, serta untuk melancarkan aliran darah menuju jantung. Caranya adalah, dengan mengangkat kaki Anda lebih tinggi posisi jantung atau setinggi yang Anda inginkan ketika berbaring. Anda dapat mengganjal tungkai kaki Anda menggunakan bantal agar posisi kaki Anda tinggi.
Disqus Comments