Friday, December 13, 2019

Pengobatan dan Pencegahan Tonsilitis


Tonsilitis atau radang amandel merupakan peradangan dan pembengkakan pada amandel yang terjadi akibat infeksi virus atau bakteri. Kondisi ini juga dapat menular dengan cepat dari penderita ke orang di sekitarnya. Oleh sebab itu, sebaiknya radang amandel segera diatasi sebelum pada akhirnya menular kepada orang lain. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk melakukan pencegahan tonsilitis.

Amandel sendiri adalah garis depan pertahanan tubuh guna menghindari serangan penyakit yang masuk melalui rongga mulut. Hal inlah yang menyebabkan amandel rentan mengalami pembengkakan dan menyebabkan bibit penyakit akan lebih mudah menyerang melalui mulut, tenggorokan, paru-paru, dan organ tubuh lainnya. Jika radang amandel yang dialami bertambah parah, maka Anda harus segera mengobatinya.

Pengobatan Tonsilitis

Ada beberapa obat medis yang dapat membantu mengobati tonsilitis, yaitu :
· Antibiotik
Antibiotik merupakan obat yang dibutuhkan apabila tonsilitis disebabkan oleh infeksi bakteri. Jenis antibiotik yang paling sering dibutuhkan untuk kondisi ini adalah penisilin. Biasanya, antibiotik ini harus dikonsumsi selama 10 hari. Namun, jika Anda mengalami efek samping seperti alergi setelah menggunakan antibiotik ini, maka segera hentikan penggunaannya dan segera berkonsultasi dengan dokter.
Antibiotik sendiri dikonsumsi untuk mencegah terjadinya resistensi bakteri dan komplikasi, seperti demam rematik. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada organ hati, kulit, sendi, hingga sistem saraf.
· Ibuprofen dan Paracetamol
Jika antibiotik digunakan untuk mengobati tonsilitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Maka, ibuprofen dan paracetamol cenderung digunakan untuk mengobati radang amandel yang disebabkan oleh infeksi virus. Obat ini digunakan untuk meredakan gejala-gejala, seperti peradangan, pembengkakan, dan nyeri pada amandel. Oleh sebab itu, biasanya dokter akan menyarankan penggunaan ibuprofen dan paracetamol.

Pencegahan Tonsilitis

Hampir semua orang tidak bisa mejamin bahwa udara yang mereka hirup bersih dan tidak terkontaminasi apapun. Hal ini tentunya berpotensi menyebabkan terjadinya tonsilitis. Namun, ada beberapa upaya pencegahan yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari tonsilitis. Diantaranya adalah :
  • Jaga daya tahan tubuh dengan menerapkan pola makan sehat, olahraga teratur, tidak merokok, istirahat yang cukup, dan bila perlu konsumsi suplemen atau vitamin tambahan.
  • Menjaga kebersihan mulut dengan membersihkannya secara teratur (sikat gigi dya kali sehari).
  • Menghindari risiko penularan infeksi saluran pernapasan.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Hindari makanan yang berpotensi menyebabkan iritasi terhadap saluran pernapasan, seperti makanan berminyak, memiliki kandungan bumbu penyedap rasa tinggi, terlalu manes, serta makanan berpengawet.
  • Cuci tangan sebelum dan setelah makan.
Disqus Comments