Wednesday, December 11, 2019

Tips untuk Mengatasi Tenggorokan Gatal secara Efektif


Mengatasi Tenggorokan Gatal. Anda mungkin pernah mengalami rasa tidak nyaman di tenggorokan yang membuat ternggorokan gatal. Kondisi ini menyebabkan Anda sering mengalami batuk kering. Meskipun begitu, sebenarnya batuk bertujuan untuk menyingkirkan lendir yang menyebabkan gatal di tenggorokan. Namun, sayangnya batuk saja tidak cukup untuk dapat menghilangkan rasa gatal yang ada di tenggorokan. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, sebab kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi tenggorokan gatal. Simak ulasan berikut.

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal

Ketika tenggorokan gatal, biasanya Anda akan merasa seperti ada sesuatu yang menyumbat saluran tenggorokan, tepatnya di ujung mulut. Dalam beberapa kasus, kondisi ini bahkan deapat menyebabkan suara Anda menjadi serak, sehingga Anda cenderung mengalami kesulitan untuk berbicara. Tenggorokan gatal sendiri merupakan gejala umum dan biasanya tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan yang serius. Oleh sebab itu, kondisi ini dapat diatasi dengan melakukan perawatan sederhana yang dapat dilakukan di rumah.

Meskipun tergolong ringan, tapi tetap saja Anda tidak dapat membiarkan kondisi ini secara terus-menerus tanpa perawatan. Jika gatal di tenggorokan disertai dengan gejala lain yang lebih serius, seperti demam, tubuh menggigil, hingga sulit bernapas, maka segeralah melakukan pemeriksaan medis.

Baca Juga : Makanan Pemicu Radang Tenggorokan

Berikut ini beberapa tips pengobatan tenggorokan gatal sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah :

  • Perbanyak minum air putih.
  • Minum teh jahe atau teh dengan tambahan madu atau perasan lemon.
  • Makan sup hangat.
  • Berkumur dengan air garam. Anda cukup menambahkan 1 sendok teh garam kedalam segelas air, lalu gunakan campuran tersebut untuk berkumur selama beberapa detik.
  • Menghisap permen khusus untuk meredakan tenggorokan. Permen ini dapat membantu merangsang produksi air liur. Dengan begitu, tenggorokan Anda akan tetap lembab dan rasa gatal pun berkurang.
  • Banyak istirahat. Hal ini berguna untuk membantu tubuh dalam melawan virus yang menyebabkan tenggorokan gatal. Saat mengalami kondisi ini, sebaiknya Anda tidak terlalu memaksakan tubuh untuk melakukan aktivitas, dan perbanyak waktu untuk beristirahat.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol dan berkafein, sebab dapat menyebabkan tenggorokan semakin kering akibat dehisrasi.
  • Menggunakan humidifier agar untuk menjaga tenggorokan agar tidak kering.
  • Hindari pemicu tenggorokan yang diketahui, seperti debu atau serbuk sari.
Pada dasarnya, mengatasi tenggorokan gatal akan lebih mudah jika diketahui penyebab dari kondisi tersebut. Dengan begitu, pengobatan dapat disesuaikan dengan penyebabnya, sehingga gejala pun akan lebih mudah diatasi.

Disqus Comments