Monday, December 2, 2019

Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat Santan Kelapa. Santan merupakan bahan masakan yang cukup populer dan sering digunakan di Indonesia. Santan dapat membuat suatu hidangan terasa lebih gurih, kental, dan tentunya nikmat, seperti opor dan rendang. Yap! Semuat  orang pastinya tidak bisa menolak kelezatan makanan-makanan tersebut. Namun, selain nikmat untuk dikonsumsi dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, nyataya santan memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh. Apa saja itu? Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini beberapa manfaat baik santan untuk kesehatan tubuh :

  • Meningkatkan SIstem Kekebalan Tubuh


Pada dasarnya, kelapa memiliki kandungan asam laurat yang mana dikenal cukup ampuh untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Selain itu, santan kelapa juga memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan dapat membantu mengahambat pertumbuhan bakteri, misalnya Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumoniae, dan Mycrobacterium tuberculosis. Dengan begitu, tubuuh Anda menjadi lebih terlindungi dan terhindar dari serangan penyakit.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan


Santan kelapa dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena, santan kelapa mengandung trigliserida rantai menengah (MCT). Bahkan, sebuah studi menunjukan bahwa MCT dapat lebih aktif bekerja dalam menurunkan berat badan dan mengcilkan lingkar pinggang dibandingkan dengan jenis lemak lainnya. Selain itu, kandungan trigliserida yang terdapat pada santan dapat membantu mencegah nafsu makan yang berlebihan di penghujung hari.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Santan kelapa juga diperkaya dengan mineral penting, seperti kalium, natrium, zat besi, dan kalsium, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini bekerja dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga pembuluh darah agar tetap rileks serta bebas dari penyumbatan.

  • Mengelola Diabetes


Asam lemak rantai yang dimiliki oleh santan kelapa dapat membantu memperlambat laju gula dala aliran darah Anda. Hal ini tentunya baik untukmencegah melonjaknya kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko munculnya penyakit diabetes.

  • Menghaluskan Kulit


Santan keapa juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Bahan alami inidapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang kasar. Pasalnya, santan kelapa dapat dijadikan sebagai scrub wajah yang dapat membantu menghaluskan kulit kasar akibat sel-sel kulit mati.

  • Menutrisi Rabut


Selain kulit, santan kelapa juga bermanfaat untuk menutrisi rambut sehingga rambut tampak lebih sehat. Hal ini disebabkan karena santan kelapa memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan rambut. Dengan begitu, rambut jadi terlihat lebih berkilau dan sehat.


Disqus Comments