Thursday, December 5, 2019

Khasiat Daun Jambu Biji dalam Mengobati Asam Lambung


Manfaat Daun Jambu Biji untuk LambungJambu biji merupakan buah yang keberadaannya mudah ditemukan di Indonesia. Selain memiliki rasa yang segar dan nikmat, buah jambu biji juga kerap digunakan sebagai bahan pengobatan alami. Hal ini disebabkan karena kandungan yang dimilikinya. Namun, bukan hanya buahnya, ternyata daun jambu biji pun memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan, seperti mengobati diare dan demam berdarah (DBD).

Meskipun telah dikenal dengan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa ternyata daun jambu biji juga berkhasiat dalam mengobati asam lambung. Hal ini disebabkan karena, daun jambu biji bersifat sebagai antioksidan yang cukup tinggi. Daun jambu biji juga dilengkapi dengan senyawa berbagai senyawa penting, seperti flavonoid, saponin, flavonoid, karoten, polifenol, alkaloid, steroid, kuinon, minyak atsiri, dan tannin.

Dalam beberapa penelitian, telah terbukti bahwa ekstrak daun jambu biji secara vital dapat membantu memberantas virus dan bakteri jahat penyebab terjadinya maag, asam lambung dan diare, seperti Shigella, Staphylococcus, Salmonella, Bacillus, Clostridium, dan Pseudomonas.


Berikut ini beberapa manfaat lain dari daun jambu biji untuk kesehatan :

  • Mengobati Diare


Sudah bukan rahasia lagi bahwa daun jambu biji merupakan bahan pengobatan alami yang efektif dalam mengobati diare. Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 juga membuktikan bahwa daun jambu biji, baik dalam bentuk serbuk atau ekstraknya, dapat membantu mengatasi diare. Dengan konsumsi daun biji, maka dapat membuat feses menjadi lebih padat, sehingga memicu pergerakan usus yang cepat menjadi lebih stabil.

  • Menekan Penyerapan Gula


Jambu biji juga bermanfaat untuk menekan atau menghambat penyarapan gula di dalam darah. Dengan mengonsumsi air rebusan daun jambu biji secara rutin, akan sangat membantu tubuh dalam menghambat penyarapan gula dalam darah. Penyerapan gula yang lambat dapat membuat gula darah stabil dan tidak naik secara signifikan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi penderita diabetes agar dapat menjaga kadar gula darah di dalam tubuh.

  • Mengendalikan Kolesterol


Selain gula darah, daun jambu biji juga dapat membantu mengendalikan dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida di dalam darah dengan cepat. Manfaat ini bisa Anda dapatkan baik dari buah maupun daun jambu biji. Namun, akan lebih maksimal jika Anda mengonsumsi ekstrak dari daun jambu biji secara rutin selama satu bulan.

  • Mencegah Kanker Prostat


Mengonsumsi daun jambu biji ternyata juga dapat membuat pria jauh dari kanker prostat. Hal ini disebabkan karena kandungan likopen, yang merupakan antioksidan terkuat pada jambu biji, dapat membuat sel kanker susah tumbuh dan menyebar ke beberapa organ di sekitar prostat.

Disqus Comments