Monday, December 23, 2019

Inilah 6 Manfaat Air Rebusan Seledri untuk Kesehatan


Manfaat Air Rebusan Seledri. Apakah Anda termasuk orang yang gemar mengonsumsi air rebusan seledri? Daun seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang kerap digunakan sebagai bahan pelengkap pada masakan dan biasanya ditemukan sebagai taburan diatas makanan yang siap untuk disantap. Daun ini memiliki cita rasa yang nikmat dan dinilai dapat memberikan kesegaran dalam suatu masakan. Namun, dilain sisi, daun seledri ternyata juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Seledri merupakan jenis sayuran dengan kandungan serat tinggi dan rendah kalori. Selain itu, daun seledri juga dilengkapi dengan berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin K. Tak sampai disitu, daun seledri juga dilengkapi dengan beberapa mineral, seperti kalium, magnesium, mangan, dan juga kalsium.

Daun seledri juga mengandung berbagai fitronutrien yang berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Lantas, apa saja manfaat daun seledri bagi kesehatan tubuh?

Berikut ini berbagai manfaat daun selederi untuk kesehatan tubuh :

  • Menurunkan Kolesterol


Manfaat pertama yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi seledri adalah, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL dan trigliserida) di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena, kandungan senyawa 3-n-buthylphthalide yang terdapat dalam seledri dapat membantu menurunkan kadar asam lemak dalam darah. Bahkan, sebuah penelitian pada hewan menunjukan adanya penurunan kadar kolesterol jahat setelah pemberian ekstrak seledri.

Baca Juga : 3 Manfaat Seledri untuk Ginjal

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Selain menurunkan kolesterol, daun seledri juga memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam air rebusan seledri, terdapat kandungan kalium yang dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat di dalam darah. Hal ini tentunya dapat membantu menurunakn kolseterol sekaligus tekanan darah tinggi, yang mana merupakan faktor pemicu penyakit kardiovaskular.

  • Melancarkan Pencernaan


Daun seledri juga memiliki kandungan polisakarida berbasis pektin yang mampu membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah terjadinya maag, memperbaiki lapisan lambung yang rusak, serta meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

  • Meredakan Nyeri Haid


Beberapa penelitian menemukan bahwa, mengonsumsi produk yang mengandung biji seledri, dapat membantu mengurangi intensitas dan lamanya rasa nyeri atau kram perut saat datang bulan.

  • Mencegah Kanker


Ekstrak daun seledri juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mencegah kanker. Dalam sebuah penelitian, ekstrak daun seledri menunjukan potensi unruk menghambat pertumbukan serta penyebaran sel kanker di area perut.

  • Mengatasi Nyeri Sendi


Mengonsumsi air rebusan seledri juga bermanfaat dalam meringankan atau mengatasi gejala nyeri sendi. Pasalnya, daun seledri memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan  gejala radang sendi, asam urat, hingga rematik.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-serviks-herbal/
Disqus Comments