Tuesday, December 31, 2019

Kista Ukuran 3 Cm, Apakah Bisa Sembuh?


Kista 3 cm Bisa sembuh. Kista merupakan kantong atau benjolan di bawah kuit yang berisi cairan, udara, atau jaringan seperti kulit dan rambut. Benjolan ini dapat muncul di bagian tubuh mana pun. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi, radang atau keturunan. Dalam artikel ini kita akan membahas salah satu jenis kista, yaitu kista ovarium.

Kista ovarium merupakan jenis kista yang tumbuh pada indung telur atau ovarium. penyakit ini pada dasarnya bukanlah sebuah penyakit ganas seperti kanker, dan bahkan ada beberapa jenis kista ovarium yang tidak memerlukan perawatan dan dapat hilang dengan sendirinya. Kista ovarium yang tidak memerlukan perawatan khusus, antara lain adalah kista fungsional, kista dermoid, dan kista denoma. Sementara itu, yang memerlukan perawatan khusus antara lain adalah kista endometrium dan kista akibat sindrom ovarium polikistik (PCOS), sebab dapat menyebabkan masalah pada kesuburan wanita.

Apakah Kista Ovarium Berbahaya?

Sebenarnya, kista ovarium tidak menyebabkan masalah serius dan tidak berbahaya. Akan tetapi kondisi ini dapat berkembang menjadi ganas apabila kista ovarium tersebut pecah, menghalangi suplai darah ke ovarium, atau ketika ukurannya semakin membesar.
Sementara itu, kista ovarium yang tumbuh membesar dapat menyebabkan munculnya berbagai macam gejala yang dapat mengganggu kenyamanan Anda, seperti perut membesar atau bengkak, nyeri panggul sebelum dan setelah menstruasi, nyeri panggul ketika melakukan hubungan intim (dispareunia), mual dan muntah, serta sensasi tertekan pada bagian perut.
Selain itu, ada beberapa gejala lain yang menandakan bahwa kista ovarium sudah berbahaya dan harus segera ditangani. Diantaranya adalah :
  • Nyeri panggul atau perut secara tiba-tiba
  • Demam dan muntah-muntah
  • Pusing
  • Badan lemah dan merasa ingin pingsan
  • Napas menjadi lebih cepat

Kapan Kista Ovarium Harus Dioperasi?

Kista ovarium memerlukan tindakan operasi  ketika ukurannya semakin besar (lebih dari 5 cm) dan menimbulkan gejala, seperti perut nyeri dan kembung, serta pendarahan. Selain itu, kista yang tidak mengecil setelah 3 bulan pemantauan ketat dan kista yang berpotensi menjadi ganas pun perlu diatasi dengan cara operasi.
Pada dasarnya tindakan operasi pengangkatan kista bergantung pada usia, keadaan dan jenisnya, serta gejala yang dirasakan oleh penderita. Namun, sebelum memutuskan operasi, perlu dilakukan pemeriksaan USG dan tes darah.
Jika Anda tidak memerlukan tindakan operasi untuk mengatasi kista ovarium, maka kemungkinan dokter akan menyarankan Anda agar menggunakan obat pereda rasa sakit. Selain itu, dokter akan meresepkan Anda alat kontrasepsi, seperti pil, suntikan, atau cincin vagina untuk mencegah ovulasi. Hal ini juga dapat menurunkan kemungkinan Anda dalam mengembangkan lebih banyak kista.

Disqus Comments