Tuesday, December 24, 2019

Penyebab Kalazion dan Cara Menanganinya


Kalazion mata merupakan suatu kondisi di mana kelopak mata mengalami pembengkakan. Kondisi ini dapat terjadi akibat kelopak mata mengalami penyumbatan kelenjar meibom atau kelenjar minyak. Kalazion umumnya muncul di bagian atas kelopak mata, namun juga dapat muncul di bagian bawah kelopak mata atau bahkan kedua mata. Benjolan yang muncul biasanya berukuran kecil, yakni sekitar 2-8 mm. Meskipun begitu, kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya tanpa memerlukan penanganan khusus.

Benjolan yang muncul di kelopak mata akibat kalazion terkadang terdapat lebih dari satu benjolan, sehingga membuat kelopak mata terlihat mengalami pembengkakan yang tidak merata. Lantas, apa penyebab benjolan kecil di kelopak mata bagian dalam atas? Simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Kalazion

Pada dasarnya, di permukaan bagian dalam kelopak mata terdapat kelenjar kecil yang disebut dengan kelenjar meibom. Kelenjar meibom berfungsi untuk memproduksi cairan yang kemudian akan bercampur dengan air mata guna melindungi dan melembapkan mata. Dengan begitu, bola mata tidak akan mengalami kekeringan dan iritasi. Namun, pada penderita kalazion, kelenjar ini mengalami penyumbatan, sehingga cairan tersebut akan menumpuk dan membentuk benjolan yang berisi cairan. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya kalazion.


Meskipun kalazion dapat terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita, dan tanpa batasan usia. Namun, beberapa kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kalazion. Diantaranya adalah :
· Memiliki riwayat penyakit diabetes.
· Mengalami peradangan pada kelopak mata (blefaritis).
· Memiliki kondisi kullit tertentu, seperti dermatitis seboroik atau rosacea.
· Pernah mengalami kalazion sebelumnya.

Gejala Kalazion

Gejala-gejala umum yang dapat terjadi ketika seseorang mengalami kalazion, antara lain adalah :
  • Munculnya benjolan kecil pada kelopak mata.
  • Kelopak mata mengalami pembengkakan yang terasa mengganjal dan tidak nyaman.
  • Mata berair.
  • Kulit di sekitar kelopak mata memerah.
  • Mata nyeri dan mengalami iritasi ringan.
  • Munculnya benjolan dengan ukuran yang cukup besar dan dapat menekan bola mata, sehingga menyebabkan penglihatan terganggu.

Penanganan Kalazion

Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, tanpa adanya penanganan khusus, namun sebagian besar penderita kalazion yang tidak melakukan perawatan apapun baru akan sembuh dalam waktu berbulan-bulan. Oleh sebab itu, beberapa cara ini dapat membantu proses penyembuhan kalazion, yaitu :
  • Kompres mata atau bagian yang mengalami benjolan dengan air hangat.
  • Berikan pijatan lembut pada benjolan setelah kompres air hangat.
  • Jaga kebersihan mata dengan membersihkan kelopak mata, setidaknya dua kali sehari, untuk menghilankan minyak dan sel kulit mati yang memicu pembentukan cairan di dalam benjolan.

Apabila benjolan tak kunjung hilang meskipun telah melakukan cara diatas, maka kemungkinan dokter akan menganjurkan untuk melakukan operasi kecil.

Disqus Comments