Monday, December 16, 2019

4 Jenis Insomnia yang Perlu Anda Ketahui


Jenis-Jenis Insomnia. Kebanyakan orang mengenal insomnia sebagai suatu kondisi di mana seseorang mengalami masalah sulit tidur di malam hari. Padahal, sebenarna definisi tersebut kurang tepat untuk menggambarkan kondisi insomnia.

Insomnia sendiri merupakan gangguan tidur di mana seseorang tidak memiliki kemampuan untuk mendapatkan tidur berkualitas yang dapat membuatnya bangun di pagi hari dengan kondisi yang baik. Umumnya, seseorang dengan insomnia  akan merasa kesulitan untuk terlelap di malam hari, tetap tidur sepanjang malam, dan tidak dapat mendapatkan waktu tidur cukup sesuai dengan yang dibutuhkan.

Meskipun begitu,  masih banyak orang yang bellum mengetahui bahwa ternyata insomnia terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenis insomnia yang perlu Anda ketahui :

  • Insomnia Kronis


Insomnia merupakan gangguan tidur yang menyebabkan Anda merasa kesulitan untuk dapat terlelap, seulit untuk tidur nyenyak,atau mengalami kedua hal tersebut secara bersamaan. Kondisi ini dapat menjadi kronis, sehingga membuat Anda tidak bisa tidur sama sekali, bahkan disaat Anda sudah ingin tidur. Insomnia kronis bisa bertahan hingga tiga malam berturut-turut dalam jangka waktu satu minggu dan dapat berjalan hingga sebulan atau bahkan lebih.

Seseorang yang mengalami insomnia biasanya akan bangun tidur dalam keadaan lelah dan tidak semangat. Kondisi ini juga dapat memengaruhi kemampuan Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

  • Insomnia Akut


Insomnia akut juga dikenal dengan istilah 'insomnia jangka pendek' atau 'insomnia kambuhan'. Kondisi ini dapat bertahan muali dari satu malam hingga berminggu-minggu.

Insomnia akut sendiri dapat terjadi ketika Anda sedang merasa stres, dan biasanya akan hilang setelah Anda dapat mengatasi stres tersebut. Selain itu, kondisi ini juga dapat terjadi ketika Anda memikirkan sesuatu secara berlebihan, termasuk ketika Anda terlalu senang.

Baca Juga : Jam Tidur Ideal untuk Bayi

  • Onset Insomnia


Onset insomnia merupakan gangguan di mana Anda kesulitan untuk memulai tidur dengan cepat. Seseorang dengan kondisi ini biasanya akan kesulitan dalam mendapatkan fase tidur. Kondisi ini dapat terjadi ketika Anda memiliki banyak pikiran yang membuat rasa kantuk justru sulit muncul. Bahkan, meskipun sudah mengantuk, Anda tetap tidak sulit untuk memulai tidur.

  • Insomnia Idiopatik


Insomnia idiopatik merupakan gangguan tidur yang terjadi seumur hidup, mulai dari bayi atau anak-anak dan berlanjut hingga dewasa. Jenis insomnia ini belum diketahui penyebabnya. Akan tetapi hal ini kemungkinan disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang pada akhirnya memengaruhi jam biologis tubuh. Misalnya, produksi hormon melatonin yang terlalu sedikit di malam hari, sehingga menyebabkan Anda justru tidak merasakan kantuk sepanjang malam.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami/
Disqus Comments