Monday, December 9, 2019

4 Hal Penting untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anak


Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak. Anak merupakan investasi terbaik sebagai sumber daya manusia (SDM). Maka dari itu, sebagai orang tua Anda harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh anaknya sejak lahir. Bahkan, tak hanya sejak lahir, tetapi juga saat anak masih berada di dalam kandungan, terutama ketika anak menginjak usia dini. Pasalnya, anak usia dini memiliki karakteristik berbeda dengan usia sebelum atau sesudahnya. Diantaranya, dalam segi fisik-biologis, kognitif, motorik, moral, maupun psikososialnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara yang tepat untuk menjaga kesehatan anak, agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga kesehatan anak sejak dini :

  • Jaga Pola Makan Anak


Anak-anak usia dini cenderung lebih mudah penasaran akan sesuatu yang berada di sekitarnya, termasuk dalam hal makanan. Anda sebagai orang tua pun mungkin merasa terdorong untuk memberikan beragam jenis makanan pada anak. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua makanan aman untuk dikonsumsi oleh anak usia dini. Bahkan, beberapa makanan tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan anak tersedak. Maka dari itu, jika Anda ingin memberikan anak buah-buahan atau sayuran, pastikan untuk memotongnya kecil-kecil atau melunakannya.

Selain itu, Anda juga jharus menghindari pemberian makanan kecil namun keras, seperti kacang-kacangan atau permen, sebab dapat menyebabkan si kecil tersedak. Hindari juga pemcerian makanan lunak namun lengket, seperti permen lunak atau marshmellow, sebab dapat tersangkut di tenggorokan anak. Hindari juga makanan yang dapat memicu terjadinya alergi pada anak.

  • Berikan Nutrisi Harian Seimbang


Pastikan Anda telah memberikan gzi dan nutrisi harian seimnbang pada anak lewat makanan yang dikonsumsi. Hal ini penting untuk menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh anak. Anak-anak usia dini membutuhkan energi sebesar 1125 kkal (untuk usia 1-2 tahun) dan 1600 kkal (untuk usia 4-6 tahun) perhari. Penuhi asupan gizi seimbang pada anak dengan komposisi 50-70 persen karbohidrat, 20-30 persen lemak, dan 10-15 persen protein. Jangan lupa tambahkan asupan cairan, seperti airputih, susu, dan jus.

  • Lakukan Imunisasi


Imunisasi merupakan langkah penting demi menjaga kesehatan tubuh anak. Dokter merekomendasikan berbagai macam imunisasi, seperti polio, campak, influenza, hepatitis A, varisela, PCV, DPT ulangan, dan MR pada usia 12-18 bulan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui jadwal imunisasi anak.

  • Ajarkan Anak untuk Mencuci Tangan


Anak-anak cenderung aktif untuk mengeksplor sesuatu dengan menyentuh benda-benda asing yang menarik perhatiannya. Hal ini tentunya dapat menyebabkanterjadinya perpindahan kuman, virus, bakteri, dan parasit bahaya dari satu tempat ke tempat lain. Kondisi ini dapat memicu terjadinya flu, diare, hingga hepatitis A pada anak. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu mengajak dan mengejarkan anak agar mencuci tangannya setiap setelah Ia selesai bermain atau sebelum makan.

Disqus Comments