Tuesday, December 3, 2019

4 Cara Ampuh untuk Mencegah Datanganya Penyakit Turunan


Cara Mencegah Penyakit Keturunan. Penyakit keturunan merupakan penyakit yang cenderung sulit untuk dihindari, karena warisan dari keluarga. Namun, Anda perlu memahami terlebih dahulu bagaimana penyakit keturunan dapat terbentuk di dalam tubuh.

Pada dasarnya, penyakit turunan tidak sama dengan penyakit influenza atau demam berdarah (DBD), yang mana disebabkan oleh infeksi virus dan bakter. Namun, penyebabnya adalah, terjadinya kerusakan pada gen di dalam tubuh Anda.

Kerusakan gen tersebut terjadi apabila tubuh terpapar zat radikal bebas dan bahan-bahan kimia tertentu yang dapat mengubah kode genetik. Selain itu, kerusakan gen juga dapat terjadi ketika seseorang mengalami stres yang berat.

Kerusaka gen tersebut juga menyebabkan sel-sel di dalam tubuh Anda tidak dapat berfungsi dengan normal. Hal inilah yang menyebabkan munculnya suatu penyakit. Penyakit genetik yang cukup umum diantaranya adalah asma, diabetes, penyakit jantung, kanker, depresi, hingga penyakit genetik langka, seperti buta warna dan Down syndrome.

Pada dasarnya, gen yang terdapat di dalam tubuh Anda terbentuk dari kombinasi gen ayah dan gen ibu. Diantara kedua itu, gen yang paling dominanlah yang akan menentukan kondisi fisik dan psikologis Anda. Misalkan, jika gen ayah yang sudah rusak terbawa oleh sel sperma dan gen tersebut sifatnya cukup kuat, maka gen ini akan hidup dan menetap dalam janin yang terbentuk dari pembuahan sel sperma yang bertemu sel telur. Maka dari itu, ketika lahir, Anda sudah mewarisi suatu penyakit yang juga dimiliki oleh ayah Anda.

Meskipun terdengar sulit untuk dihindari, namun penyakit turunan dicegah agar tidak datang di usia produktif. Berikut ini berbagai cara untuk mencegah terjadinya penyakit turunan :

  • Kenali Riwayat Kesehatan Keluarga

Meskipun adanya penyakit turunan dapat diprediksi, namun waktu kehadirannya tidak dapat diketahui begitu saja. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui riwayat kesehatan keluarga sejak dini, sehingga Anda dapat melakukan pencegahan dengan baik.

  • Sadar Kesehatan Sejak Dini

Penting bagi setiap orang untuk peduli akan kesehatannya, salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini bertujuan untuk membuat metabolisme ikut terlatih dan tidak cepat loyo. Dengan begitu, tubuh akan membangun daya tahan yang lebih kuat.

  • Cek Kesehatan secara Rutin

Anda tidak harus menunggu atau merasakan keluhan di tubuh untuk periksa ke dokter. Pasalnya, setiap orang sejatinya memerlukan tes kesehatan secara rutin, setidaknya satu tahun sekali. Hal ini juga penting bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit turunan agar dapat mencegah datangnya penyakit tersebut.

  • Jaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan juga penting dalam mencegah datangnya berbagai macam penyakit. Pasalnya, jika berat badan berlebih (obesitas), maka risiko untuk terkena penyakit berbahaya pun semakin besar, terutama penyakit turunan. Maka dari itu, lakukanlah pola hidup sehat dan jaga pola makan dengan mengonsumsi makanan rendah kalori dan lemak. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti beras merah, gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Pasalnya makanan dengan karbohidrat kompleks dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Disqus Comments