Friday, December 27, 2019

Penyebab Kista Nabothi dan Penanganannya


Bentuk Kista Nabothi. Munculnya benjolan di mulut rahim seringkali membuat Anda, sebagai wanita, merasa panik dan khawatir, sebab bagaimanapun organ ini erat kaitannya dengan kehamilan. Bahkan, banyak orang yang langsung menyimpulkan bahwa munculnya benjolan di mulut rahim merupakan akibat dari kanker serviks. Padahal, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan munculnya benjolan di mulut rahim, salah satunya kista nabothi. Lantas, apa itu kista nabothi?

Kista naboti sendiri merupakan kista yang terletak di bagian permukaan serviks atau leher rahim. Kondisi ini lebih berisiko pada wanita usia subur hingga menjelang menopause, yakni sekitar 50 tahun. Meskipun begitu, umumnya kista nabothi tidak menimbulkan masalah serius ataupun berdampak bahaya bagi kesehatan. Selain itu, kondisi ini juga bukan merupakan tanda atau gejala dari penyakit kanker serviks. Pasalnya, kanker serviks sendiri merupakan penyakit ganas yang disebabkan oleh virus HPV.

Pada dasarnya, kista nabothi terbentuk akibat kelenjar lendir serviks tersumbat oleh sel kulit, maupin pertumbuhan jaringan penyembuhan. Kista nabothi pada umumnya muncul di permukaan jaringan serviks dan ditandai dengan tumbuhnya benjolan kecil berisi cairan berwarna putih atau kuning kecoklatan. Ukuran dari benjolan tersebut bermacam-macam, mulai dari kecil, hingga mencapai diameter 4 cm.

Penyebab Kista Nabothi

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa penyebab kista nabothi terjadi adalah akibat tersumbatnya kelenjar penghasil lendir serviks. Penyumbatan tersebut bisa terjadi karena berbagai hal, diantaranya :
  • Trauma Fisik
Kista nabothi dapat terbentuk akibat trauma fisik, baik berupa cedera maupun luka yang terjadi di area leher rahim. Pada saat proses penyembuhan luka, jaringan berlebih dapat muncul di atas kelenjar lendir pada leher rahim. Hal ini membuat lendir yang ada di dalamnya terperangkap di jaringan tersebut. Dengan begitu, munculah kista nabothi yang juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada serviks atai servisitis kronis.
  • Pasca Melahirkan
Selain trauma fisik, kista nabothi juga dapat muncul pada wanita yang usai melahirkan, ketika sel-sel kulit berlebih tumbuh di atas kelenjar lendir. Munculnya sel-sel kulit di atas kelenjar lendir ini dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada kelenjar lendir serviks, sehingga pada akhirnya menyebabkan munculnya kista nabothi.

Baca Juga : Obat Herbal Tanpa Operasi Atasi 4 Bentuk Kista Ganas

Penanganan Kista Nabothi

Dalam kebanyakan kasus, kista nabothi seringkali tidak disadari kemunculannya, sebab tidak menimbulkan gejala apapun yang mencurigakan. Biasanya, kista baru akan diketahui ketika dilakukan pemeriksaan CT scan, USG panggul, MRI, atau ketika ukurannya sudah semakin membesar.

Apabila kista nabothi tidak menyebabkan masalah dan tidak menimbulkan rasa sakit, maka kemungkinan tidak diperlukan penanganan apapun. Namun, apabila kista nabothi terus membesar dan berisiko mengganggu fungsi serviks, serta merusak ukuran atau bentuknya, maka tindakan operasi pengangkatan kista kemungkinan akan dianjurkan. Hanya saja, kasus tersebut jarang terjadi.

https://lingshenyao.id/obat-kista-bartholin/
Disqus Comments