Friday, November 29, 2019

Perawatan yang Tepat untuk Pergelangan Kaki Terkilir


Perawatan Pergelangan Kaki Terkilir. Terkilir atau keseleo merupakan suatu kondisi di mana terjadinya cedera (sobekan atau peregangan) pada ligamen yang menahan persendian. Kondisi ini merupakan cedera kaki paling umum yang dapat menimbulkan keluhan berupa memar, nyeri, bengkak, hingga keterbatasan dalam bergerak.

Kaki terkilir dapat terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita, anak-anak maupun dewasa. Meskipun begitu, kondisi ini lebih sering dialami oleh orang dewasa yang aktif dalam kegiatan olahraga, seperti bola, futsal, voli, dan basket. Kondisi ini juga kerap terjadi pada penari atau pedansa, dan juga pada wanita yang menggunakan sepatu hak tinggi.

Pada saat kaki terkilir, maka beberapa struktur  pada pergelangan kaki dapat mengalami cedera atau robekan. Dua struktur yang palung sering mengalami cedera adalah Anterior Talo Fibular Ligament (ATFL) dan Calcaneofibular Ligament (CFL). Jika cedera yang terjadi cukup parah, maka akan terbentuk benjolan yang cukup besar pada sisi luar pergelangan di dekat mata kaki. Pada kondisi ini, biasanya pergelangan kaki akan mengalami pembengkakan yang cukup besar, sehingga menyebabkan penderita kesulitan untuk menggerakan kakinya.

Gejala Pergelangan Kaki Terkilir

Gejala utama yang dapat dirasakan ketika pergelangan kaki terkilir adalah nyeri di pergelangan kaki, terutama saat berdiri atau berjalan. Rasa nyeri ini biasanya timbul setelah cedera dan seringkali menimbulkan bunyi seperti "pop".

Tak hanya itu, pergelangan kaki juga akan mengalami pembengkakan disertai memar. Bahkan, pergelangan kaki juga dapat terasa kaku dan lunak saat disentuh.

Baca Juga : Penyebab Bengkak Keseleo tak Kunjung Sembuh

Penanganan Pertama untuk Kaki Terkilir

Pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan ketika kaki Anda terkilir adalah dengan melakukan prinsip RICE (Rest, Ice, Compression, Evaluation). Pertama-tama Anda harus segera mengistirahatkan kaki yang terkilir dan jangan memaksa kaki Anda untuk melakukan aktivitas, terutama untuk berolahraga. Setelah itu, kompres kaki yang cedera dengan sesuatu yang dingin, seperti es batu yang dibalut dengan kain. Kemudian, bebat pergelangan kaki dengan perban elastis, lalu tinggikan posisi kaki dengan mengganjalnya menggunakan bantal guna mengurangi pembengkakan.

Tindakan alternatif lain, seperti pijat atau urut saat kaki terkilir sebaiknya tidak dilakukan. Selain itu, cedera pada pergelangan kaki ini juga dapat disertai dengan patah jari kaki atau cedera urat lain. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mendatangi dokter untuk melakukan pemeriksaan, agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

https://lingshenyao.id/obat-untuk-vertigo/
Disqus Comments